Kantor Bahasa Bengkulu Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia

Penyuluhan Bahasa Indonesia

Bengkulutoday.com - Rangkaian kegiatan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional di seluruh wilayah Bengkulu berlangsung, Rabu (11/03/2020) di Nala Sea Side Hotel Kota Bengkulu.

Gelombang pertama kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh lebih dari seratus Guru Bahasa Indonesia SMP/sederajat ini dibuka oleh Kepala Kantor Bahasa Bengkulu Karyono.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bahasa Bengkulu menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan terus diadakan, selain untuk memberikan tambahan pengalaman, juga untuk membangkitkan rasa kecintaan mereka terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

"Dengan begitu mereka diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para siswa agar dapat lebih mencintai bahasa Indonesia," kata Karyono.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan dengan pola 32 jam dengan penyuluh dari Universitas Bengkulu dan praktisi dari  Kantor Bahasa Bengkulu. Adapun materi yang disampaikan ialah (1) Ejaan Bahasa Indonesia, (2) Tata Kalimat, (3) Bentuk dan Pilihan Kata, (4) Bahasa Indonesia Dalam Laporan, (5) Bahasa Surat dalam Naskah Dinas, (6) UKBI, serta (7) Kebijakan Bahasa dan Sastra.

"Sebagai guru Bahasa Indonesia, mereka sangat membutuhkan materi-materi tersebut, terutama pedoman tentang kebakuan kebahasaan, baik untuk kepentingan mereka sebagai guru, maupun untuk diajarkan pada peserta didik," kata Karyono.

Hal ini tidak hanya berkaitan dengan teori, tetapi bagaimana semua itu dapat diterapkan oleh siswa dalam kaitannya dengan kesantunan berbahasa.

"Selain itu, secara praktis kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh para guru untuk mengetahui lebih lanjut perubahan-perbahan kebijakan yang mungkin telah dilakukan tentang kebahasaan dan kesastraan Indonesia," pungkasnya.

Pewarta : Bisri Mustofa

www.domainesia.com