Pasien Membaik, Observasi V-Corona Berlanjut

Konferensi pers

Bengkulutoday.com - Perkembangan terbaru terkait pasien suspek Virus Corona (V-Corona) di Rumah Sakit M Yunus (RSMY), yangbsebelumnya dinyatakan negatif sementara, Senin (03/01/2020), dikabarkan sudah mulai membaik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyampaikan, hasil pemeriksaan sample yang diteruskan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Badan Litbangkes, rencananya bakal sampai hari ini.

"Insya Allah, hari ini hasil lab sudah bisa putuskan," kata Herwan, di Kota Bengkulu.

Sama halnya dengan yang disampaikan Direktur RSMY, Zulki Maulub memaparkan, tiga tahapan pertama observasi bukan berarti pasien itu negatif tetapi di pantau karena masa inkubasi itu 14 hari.

"Ketika observasi, dua gejala melalui tanda-tanda flu dan demam disertai sakit saluran nafas atas. Bahkan meski dari daerah endemik harus disebut observasi, jadi belum diputuskan suspek.

Maulub kembali menegaskan, pasien baru bisa disebut positif suspek apabila ada 3 gejala terpenuhi dan itupun harus melalui verifikasi uji lab.

"Suspek itu jika ada peradangan saluran napas bawah sesak nafas berdahak itu pengawasan ketat. Negatif atau positif harus ditunjang dengan tanda-tanda saat perawatan klinis dan hasil laboratorium," sampainya.

Untuk itu, saat ini hasil pemeriksaan masih dalam proses. Jika sudah ada hasilnya nanti kita sampaikan," pungkas Maulub sesaat menyampaikan perkembangan tindaklanjut penangananan observasi virus corona.

Pewarta : Bisri Mustofa