Skip to main content
Kabupaten
Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting

Upsus Siwab di Mukomuko Lampaui Target

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Mukomuko, Bengkulutoday.com - Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) di  Kabupaten Mukomuko pencapaiannya  melebihi target  dari yang ditetapkan misalnya target  sapi bunting dari 910 ekor sapi  pencapainnya sudah 2508 ekor. Kendati target sapi bunting melebihi target tetapi  berbalik dengan jumlah Kelahiran, target 720  ekor sapi hanya 520 ekor.

Saat dikonfirmasi kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan, Warsiman mengatakan capaian target Upsus Siwab di Kabupaten Mukomuko terbilang sukses.

"Januari sampai Agustus upaya khusus sapi indukan wajib bunting (upsus siwab) di daerah kita ini capaian melebihi target seperti target bunting ataupun target inseminasi buatan tetapi tidak dengan capaian lahir nya karena banyak masyarakat yang tidak melapor ke pihak kami melalui isiknas yakni pelaporan kelahiran sistem kesehatan ternak," terangnya.

Lebih lanjut Warsiman mengungkapkan pencapaian Upsus Siwab meliputi target bunting, IB, lahir dan penanganan gangguan reproduksi.

"Target  sapi bunting yakni 910 ekor  pencapaian ini melebihi target dengan angka 2508 ekor (275 persen),  target kawin suntik (IB) 1300 ekor sudah dicapai sebanyak 1908  (146 persen), kemudian target lahir 720 ekor laporan yang masuk ke kami 540 ekor (74 persen) serta target penanganan gangguan reproduksi 520 ekor capaian nya 477 ekor (91 persen)." terangnya.

"Sebenarnya kalau target lahir ini sudah dicapai akan tetapi banyak masyarakat yang tidak melapor ke kami, kalau mereka menyampaikan otomatis capaian target 720 ekor sudah tercapai." pungkasnya. [Mc]

Tags

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait