2020, Pengelolaan Wisata Masih Kick Off

Irsan Setiawan

Bengkulutoday.com - Pariwisata Bengkulu menuju babak baru di mana menuju Wonderful Bengkulu 2020 segala event wisata berada tahap pembuka.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Irsan Setiawan saat ditemui di ruang kerjanya, "jangan disangka bahwa menuju 2020 Bengkulu bakal seperti metropolitan. Baik konten wisata dan promosinya, itu semua masih pada tahap pembuka. Jadi masih banyak yang harus dibenahi," katanya.

Menurut Irsan, ada pembenahan yang perlu direncanakan agar konten wisata benar-benar berdampak pada perekonomian dan sosial masyarakat.

"Jangan hanya mengemas eventnya saja, tapi bagaimana wisata di Bengkulu dapat berpengarih pada sistem perekonomian masyarakat. Selanjutnya, juga memaksimalkan pembenahan sarana dan prasarana wisata, di mana hal itu sudah diajukan melalui Perda Pariwisata sejak tahun 2011 dan baru tahun ini disetujui dewan," paparnya.

Selanjutnya, ia juga minta agar semua pihak mendukung promosi wisata dengan pembentukan Satuan Tugas Pariwisata yang terdiri dari perhotelan, biro perjalanan, pelaku UMKM juga pemandu wisata. 

"Dalam waktu dekat akan kita bentuk kelompok ini. Sayang jika potensi wisata tidak terkemas secara maksimal," harap Irsan.

Terakhir, pemanfaatan biro perjalanan harus mulai menggagas paket wisata agar para wisatawan yang datang ke Bengkulu tidak hanya berpaku pada spot wisata kota melainkan juga dapat menikmati wisata daerah yang tak kalah menarik. (Bis)

www.domainesia.com