Skip to main content
Daerah
Upaya Khusus (Upsus) Sapi dan Kerbau Wajib Bunting (SIWAB) di Kepahiang

Wujudkan Upsus SIWAB di Kepahiang, Program Ternak Sapi Meningkat

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang mewujudkan program Upaya Khusus (Upsus) Sapi dan Kerbau Wajib Bunting (SIWAB) yang merupakan program pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Peningkatan program ternak sapi ini juga merupakan program visi dan misi pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kepahiang Maju, Mandiri dan Sejahtera. Tahun 2017 lalu, Dinas Pertanian Kepahiang mendapatkan alokasi bantuan ternak sapi perah dari Pemerintah Provinsi sebanyak 70 ekor.

Dari jumlah yang didistribusikan oleh pemerintah provinsi, untuk mewujudkan peningkatan ternak sapi Distan menerapkan progran Inseminasi Buatan (IB) hingga mengembangkan sapi. "Program IB ini wajib diterapkan untuk sapi perah, sebab disamping pengembangan sapi juga pemanfaatan susu perah yang menjadi prioritas daerah. Dari total bantuan yang diberikan Provinsi Bengkulu tahun 2017 lalu, sudah menghasilkan 6 anakan sapi melalui inseminasi buatan," jelas Kepala Dinas Pertanian Hernawan S.PKP, Rabu (20/2/2018).

Hernawan berharap, melalui pengembangan sapi perah di Kabupaten Kepahiang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan program pemerintah daerah mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera. "Program yang diterapkan juga sejalan dengan program pemerintah pusat maupun provinsi, kita bersyukur tahun 2018 ini juga mendapatkan bantuan ternak dari Pemprov dan Pusat,"ujar Hernawan.

[Adv/Mulyan]

Tags

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait