Berburu iPhone 11 di Tokyo

Iphone x 11

Dulu Tokyo Banana dan Abathing Ape (Bape) diburu pelancong di Tokyo. Jadi semacam primadonna untuk omiyage (oleh- oleh). Tokyo banana sejenis penganan khas Jepang. Sedangkan abathing ape atau bape, merek pakaian produk Jepang yang sekarang populer di dunia.

Hari-hari ini selain Tokyo banana dan bape, iphone 11 menjadi primadonna di Jepang. Tidak hanya diburu turis, tetapi juga oleh warga Jepang sendiri. Sejak diluncurkan di Jepang bulan lalu, hingga mingu lalu outletnya, apple shop, di berbagai kota Jepang diwarnai antrean untuk mendapatkan smartphone mutakhir itu. Pemandangan seperti itulah yang terlihat di apple shop di Otomasando, Tokyo. Antrean masih mengular di trotoar. 

Kamis (24/10/19), kebetulan rombongan trip “Enjoy Tokyo Bareng Astra” 23-26 Oktober yang diikuti 22 pemimpin redaksi media nasional Kamis (24/10/19) itu ada agenda jalan-jalan di Otomosando. Wilayah ini termasuk  pusat perbelanjaan terbesar di Tokyo. Outlet terbesar bape dan apple berada di sini. Dalam kesempatan itulah saya  menyaksikan dengan mata kepala sendiri antrean untuk membeli iphone 11.

Baru bulan lalu, apple secara resmi meluncurkan  trio iphone 11, yakni iphone 11, iphone 11 pro dan iphone 11 pro max. Menurut data, Jepang termasuk dari 10 negara di dunia sebagai tempat peluncuran smartphone terbaru itu September lalu. Dan, dari 10 negara itu, harganya yang termurah di Jepang.

Berikut datanya:

1. Jepang- Rp13,9 juta

2. Amerika Serikat- Rp14 juta

3. Kanada- Rp14,6 juta

4. Hong Kong- Rp15,4 juta

5. Taiwan- Rp16,3 Juta

6. Australia Rp16,7 juta

7. Singapura Rp16,9 juta

8. Swiss Rp17 juta

9. Selandia Baru Rp17,3 juta

10. China Rp17,3 juta

Belum dijual di Tanah Air

Di Indonesia lebih mahal lagi karena belum dijual di outlet resmi. Hanya dijual melalui media online. Tapi beberapa peminat kecewa, setiap kali memesan melalui online dijawab sudah habis.

Kisah ini terkonfirmasi melalui putera saya Fikar Rizky Mohammad yang mengirimkan informasi soal Iphone 11. Masuk akallah jika antrean di Otomosando sampai mengular. Dua minggu lalu menurut cerita mendy, pemandu trip EBA, lebih parah lagi. Orang mengantre dari subuh.

Cerita itu makin menambah rasa penasaran.

“Bedanya dengan Jakarta 7-10 juta, Bang,” kata Kemal Gani, pemred majalah swa. Kami memang sepakat untuk membeli. Tapi, Kemal juga terkesan seperti menyerah menghadapi ketika antrean. Ketua forum pemred itu lebih dulu tiba di outlet apple. Saya masih di outlet bape, berjarak 500 meter.

Karena rasa penasaran, saya ikut antre. Dirut Metro TV Suryopratomo dan Budiman Tanuredjo dari harian kompas, melintas. Memergoki saya antre. “Lho, ada apa ini, kok pakai antre segala,“ godanya. 

Antrean ini menyiksa. Perlu waktu satu jam, untuk bisa dilayani. Ada masalah, saya kebelet pipis. Maka saya minta Kemal untuk gantiin antre.

Toilet outlet ada di lantai bawah. Seorang pelayan outlet menyapa. Apa bisa dibantu? Tanyanya setelah keluar dari toilet. Saya mau beli iphone 11, tapi saya batalkan karena tidak kuat mengantre, kata saya. Ia kemudian mengajak saya ke atas, ke tempat penjual. Di luar dugaan transaksi bisa dilakukan. Melanggar sendiri aturan yang mereka buat. Dari balik kaca jendels, saya kode Kemal supaya keluar dari antrean. Singkat kata dua iphone berpindah tangan. Satu buat saya, satu titipan Kemal. Transaksi cepat itu disaksikan Suryopratomo dan Budiman dari balik kaca.

“Kok, bisa?,” tanya keduanya.

“Saya baca-bacain,“ Saya jawab bergurau.

“ Mulai hati ini toilet di outlet apple tertutup buat orang Indonesia, “ Suryopratomo menimpai dengan canda lagi. Hahaha.

Tax dikembalikan langsung

Apa kelebihan iphone 11 pro max selain harga lebih murah di Jepang

Sebelum membaca kelebihannya, saya bahas dulu kekurangannya. Iphone 11 keluaran Jepang didesain khusus untuk mengadaptasi kultur mereka. Kameranya mengeluarkan bunyi klik cukup keras setiap kali memotret. Jepang tidak menghendaki pemotretan dilakukan secara diam-diam atau candid kamera.

Kelebihan lainnya, soal tax atau pajak. Turis  tidak bayar tax. 10% tax pembelian dipotong langsung. Pengembalian taxnya tidak perlu dilakukan di bandara, seperti yang berlaku di banyak negara, termasuk Indonesia. Aturan ini mulai diberlakukan 1 Oktober.

Ini beberapa kelebihannya

Dari segi kamera, iphone 11 mendapatkan kamera utama baru, 12MP f/ 2.4 ultrawide. Beberapa orang lebih suka memiliki telefoto daripada ultrawide, tapi sebagian besar memilih telefoto.

Apple iphone 11 memiliki sertifikasi anti percikan air dan debu IP68. Artinya memiliki kemampuan bertahan sampai kedalaman 2 meter selama 30 menit. Sementara iphone XR hanya mampu bertahan di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Daya tahan baterai lebih baik. Apple mengklaim daya tahan baterai 1 jam lebih lama dari iphone XR, yang sudah dipuji karena daya tahannya.
Harga iphone 11 sedikit lebih murah dari pendahulunya. Di Amerika Serikat, model dasar 64GB dihargai US$ 699 (setara Rp 9,9 juta), lebih murah dari iphone XR yang dilabeli US$ 749 (setara Rp 10,6 juta) tahun lalu.

Kelebihan lainnys, iPhone 11 hadir dalam berbagai varian warna, yakni hitam, kuning, merah, putih, hijau dan ungu yang baru, meskipun warna biru hilang. Juga varian GB, dari 64 sampai 512 GB. (**)

www.domainesia.com