Okra ; Tanaman Sehat dan Menguntungkan

Ihsan Joy Dosen Fakultas Pertanian Universitas Hazairin

Okra adalah tanaman sayur yang buahnya bisa dikonsumsi dan  memiliki banyak manfaat kesehatan.

Apalagi di tengah serangan virus corona seperti saat ini, sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi sayuran sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. 

Okra dipercaya dapat meringankan penderita diabetes, membantu pasien stroke, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko terjadinya serangan jantung, anti kanker. Okra banyak mengandung vitaman C (26%), K1 (26%), A (14%) dan B6 (14%). K1 adalah vitamin yang berperan penting dalam penggumpalan darah. Okra mengandung protein dan rendah kalori sehingga cocok untuk mereka yang perduli dengan berat badan. Selain itu juga mengandung banyak antioksidan yang dapat memperlambat penuaan kulit, menajamkan ingatan. Okra juga dianjutkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

Di Bengkulu, okra belum begitu populer. Namun prospek pemasarannya sangat tinggi. Beberapa toko buah-buahan dan rumah makan siap menampung buah okra. Bahkan saat ini kita belum mampu memenuhi suplai okra yang diminta oleh pedagang di Bengkulu.

Proses produksi okra juga tidaklah sulit. Bahkan bisa ditanam di dataran rendah seperti di Kota Bengkulu. Produksinya sangat menjanjikan karena bisa dipanen setiap 3-6 hari sekali. Sehingga dapat menjadi pemasukan yang terus menerus bagi penanamnya.

Menanam okra cukup dengan memasukkan biji okra ke dalam tanah. Pilihlah tanah yang gembur dan hitam. Agar tumbuh seragam, biji okra direndam dulu dengan air hangat kuku selama 3-5 jam. 

Dalam 5-7 hari benih okra sudah mulai tumbuh. Lakukan pemeliharaan dengan menyiramkan air bila tidak hujan dan lakukan pemupukan. Bila ditujukan untuk konsumsi pengobatan atau kesehatan maka hindari penggunaan pupuk kimia. Karena pupuk kimia akan menurukan kualitas buah okra, walaupun buahnya jadi lebih banyak. Tapi, gunakanlah pupuk organik, seperti kompos atau bokashi. Memupuk tanaman dengan pupuk organik akan menghasilkan buah okra dengan kualitas prima.

Pengalaman kami, dengan menggunakan pupuk organik yang dibuat sendiri. Tanaman okra dapat dipanen tiap 3-5 hari dengan jumlah 2-3 buah per batang. Buah okra baiknya dipetik muda, yaitu sekitar 1 minggu setelah putik terbentuk. Beratnya sekitar 10-15 gram per buah. Jika kita memiliki 100 tanaman (hanya butuh lahan 5 x 5 meter saja), maka tiap minggu kita bisa memanen sekitar 2-6 kg buah okra segar. Dengan harga jual saat ini sekitar 25-30 ribu per kg, berarti kita bisa mendapat pemasukan sekitar 50-180 ribu per minggu atau per tiap kali panen. Bayangkan jika kita menanam Okra di lahan seluas beberapa hektar!

Untuk menikmati panennya tidak perlu nunggu lama. 3 minggu setelah kita semai, tanaman okra sudah mulai berbuah. Dia akan terus berbuah hingga umurnya mencapai 5-6 bulan. Semakin baik perawatan dan pemberian pupuk, maka umur tanaman okra akan lebih lama dan buahnya pun makin banyak.

*

Ihsan Joy, Dosen Universitas Hazairin Fakultas Pertanian

www.domainesia.com