Menawannya Batik Besurek LPW Melati

LPW Melati

Bengkulutoday.com - Melihat kekayaan intelektual milik Bengkulu tidak terlepas dari sisi batiknya. Sudah lama sejak Batik Besurek resmi menjadi batik khas Bengkulu, seiring waktu pula batik ini hadir sebagai primadona.

Batik Besurek adalah batik khas bercorak Huruf Arab Gundul dengan motif terpampang Bunga Rafflesia Arnoldi.

Lembaga Pemberdayaan Perempuan (LPW) Melati I yang berdomisili di daerah Betungan Kota Bengkulu dua tahun terakhir berkutat dengan batik yang memiliki nilai budaya leluhur.

Sudah banyak batik yang tercipta dari pengrajin yang rerata adalah ibu-ibu rumah tangga.

Memilih pengerjaan menggunakan tulis tangan turut memberikan kesan tersendiri. Sampainya, pengahayatan jiwa dan ketelitian dalam memoleskan tinta lilin menjadi daya tarik yang terus disalurkan turun temurun.

"Teknik colet merupakan teknik pewarnaan pola-pola batik dengan cara mengoleskan cat atau pewarna kain pada bidang pola yang ada dengan menggunakan kuas. Teknik colet ini sering disebut dengan teknik tulis. Menghasilkan batik dengan teknik pewarnaan colet ini juga membutuhkan beberapa kali tahapan proses," papar Ketua LPW I, Yuniarsih, Sabtu (01/02/2020), di Kota Bengkulu.

Beranggotakan 150 ibu rumah tangga pada mulanya, menyisakan 100 orang saja yang terus aktif pada Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga kini. Bahkan, dari 100 orang tersebut, LPM Melati mampu melahirkan pengrajin Batik Besurek hingga puluhan orang.

"Ada beberapa memang benar-benar menjadi pengrajin dan pengusaha batik untuk dijual," kata Yuniarsih.

LPW Melati selama ini menanti pesanan pembuatan seragam, taplak, hingga sebagai bahan corak.

"Kita sering ikut pameran di event-event Pemerintah Provinsi (Pemprov). Begitu ada yang mau memesan baru kami kerjakan," sampai Yuniarsih.

Ia menambahkan, selama ini pihaknya mengalami kendala permodalan jika harus memproduksi dalam jumlah besar.

"Jadi baru sebatas pameran dan menunggu pesanan baru kita produksi massal. Kalau hari biasa, sementara ini baru beberapa," ujar Yunarsih.

Bagi masyarakat yang ingin memesan Batik Besurek karya LPW Melati I, bisa langsung menghubungi ;

Yuniarsih 081273008597
Eta 085273724545

"Kita jual bahannya permeter Rp 250 ribu dan terima pesanan seragam jadi," pungkasnya.

Pewarta : Bisri Mustofa

www.domainesia.com