Keanekaragaman Herpetofauna, Odonata dan Avifauna di KPHL Seluma

Hutan Seluma

Bengkulutoday.com - Kesatuan pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Seluma ditetapkan sebagai UPTD  dengan wilayah kerja seluas ± 82.240 ha yang masuk dalam wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten Seluma, yang terdiri dari HL. Bukit Sanggul seluas 66.533,80 ha dan HPT. seluas 15.708,2 ha yang terdiri dari HPT Bukit Badas 10.598, 70 ha, HPT Talo 2.282 ha, HPT Bukit Rabang 2.827,50 ha.

Kondisi hutan di wilayah KPHL Seluma kondisinya relatif masih baik berdasarkan penutupan lahan Tahun 2017 mempunyai 58,34% Hutan Primer, 11,33% Hutan Sekunder dan 30,33% Non Hutan dimungkinkan masih terbentuk ekosistem hutan yang baik pada sebagian kawasan hutan di KPHL Seluma sehingga potensi Sumber Daya Hutan cukup banyak baik kayu, HHBK maupun keanekaragaman hayatinya.

Berdasarkan analisa spasial daya dukung daya tampung lingkungan hidup jasa ekosistem, KPHL Seluma mempunyai daya dukung biodiversitas yang tinggi sehingga pemanfaatan jasa lingkungan keanekaragaman hayati di KPHL Seluma sangat potensial untuk dikembangkan sebagai upaya konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah.

Untuk memperoleh data keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan oleh KPHL Seluma untuk pemanfaatan jasa lingkungan, dilaksanakan Inventarisasi keanekaragaman hayati dengan tujuan menghimpun potensi keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna sehingga diperoleh data dan informasi flora dan fauna yang dilindung dan terancam punah, potensi peredaran Tumbuhan Satwa Liar serta untuk mengidentifikasi Areal Bernilai Konservasi Tinggi (ABKT).

Inventarisasi keanekaragaman hayati di KPHL Seluma pada tahap pertama Tahun 2019 dilaksanakan pada bulan september oleh Tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, KPHL Seluma serta didampingi tim dari FMIPA Universitas Bengkulu dan Universitas Andalas. Survey dilakukan dengan melakukan identifikasi herpetofauna, odonata dan avifauna dengan lokasi pengamatan pada Hutan Produksi Terbatas dan Hutan Lindung.

Pengamatan di HPT Bukit Badas dan HL Bukit Sanggul KPHL Seluma diperoleh hasil untuk Herpetofauna sebanyak 34 jenis, Odonata sebanyak 34 Jenis dan Avifauna sebanyak 63 Jenis sebagaimana pada tabel berikut ;

Ss

Ss

www.domainesia.com