Skip to main content
PEMERINTAHAN
Perwakilan nelayan Trawl saat mediasi di Kantor Gubernur Bengkulu

Nelayan Trawl Disubsidi, Rohidin Harap Tidak Terkotak-Kotak

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Menanggapi tuntutan nelayan pengguna alat tangkap trawl yang melakukan unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Bengkulu, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan tetap melarang penggunaan alat tangkap trawl. Sebagai kompensasinya, pemerintah Provinsi Bengkulu akan memberikan bantuan berupa bahan pokok beras kepada masyarakat nelayan, sambil menunggu pemerintah mengganti alat tangkap trawl ke alat tangkap yang di rekomendasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Kita sepakati tadi dengan Bulog mulai sore ini mungkin paling telat besok, itu akan di distribusikan beras itu dari CSR nya Bulog, kemudian ada bantuan pangan darurat agar sekali lagi jangan masyarakat menjadi terkendala dengan kebutuhan pokoknya,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Senin (26/3/2018).

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga mengharapkan agar tidak ada lagi perseteruan diantara nelayan tradisonal dan nelayan pengguna alat tangkap trawl.

“Sesama nelayan jangan dikotak – kotakan lagi, yang ada hanya nelayan Bengkulu itu yang penting adalah kebersamaan itu harus kita jaga sambil menunggu bagaimana kebijakan - kebijakan pemerintah pusat,” pinta Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Unjuk rasa yang dilakukan oleh nelayan pengguna alat tanggkap trawl ini, meminta kebijakan pemerintah daerah, agar nelayan pengguna alat tangkap trawl dapat melaut menggunakan alat yang dimiliki.

Perwakilan nelayan Ahmad Supriyono menjelaskan, pihaknya mematuhi peraturan larangan penggunaan alat tanggap trwal karena itu merupakan aturan pemerintah pusat.

Namun Ia berharap, ada perhatian dari pemerintah kepada masyarakat nelayan, selama mereka tidak melaut dan menunggu pergantian alat tangkap.

“Kita percayakan penuh kepada pemerintah untuk memberikan kearifan lokal artinya kebijakan lokal seperti apa dan kita siap menerimanya,” ungkap perwakilan nelayan Ahmad Supriyono.

Tampak hadir dalam pertemuan ini Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Coki Manurung, Danrem 041 Gamas Kol. Inf. Irnando Arnold B. Sinaga, Perwakilan Lanal Bengkulu, serta Perwakilan Nelayan.

[Morecka]

Facebook comments

Berita Terkait