Skip to main content
Hari Raya Idul Adha
HUT RI ke 73 Mukomuko
IKLAN KPU
TODAY
Finance
Peta Pulau Enggano

Cuaca Buruk, Ekonomi di Enggano 'Lumpuh'

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulu Utara, Bengkulutoday.com - Akibat cuaca buruk selama dua pekan ini, kondisi ekonomi di Pulau Enggano memburuk. PT Angkutan Sungai Danai yang yang melayani jasa penyeberangan ke Pulau Enggano mengaku kapal mereka tidak bisa bersandar akibat buruknya cuaca. 

Situasi tersebut tentu membuat perekonomian di Pulau Enggano mengalami kelumpuhan. "Hasil perkebunan membusuk karena tidak bisa dibawa keluar," kata Marlansius, Camat Enggano Kamis (19/7/2018) dikutip dari bengkuluekspres.com. Sebenarnya di Pulau Enggano terdapat angkutan udara, namun dijelaskan camat hal itu tidak mungkin dilakukan sebab mahal ongkosnya.

Kabar lain yang memprihatinkan yakni kelangkaan beras. Hampir diseluruh kios dan warung tidak ada lagi stok beras. Dengan kondisi itu, warga mengalihkan makanan pokok ke hasil kebun seperti pisang dan singkong.

Dengan situasi itu, tidak hanya masalah ekonomi saja yang terganggu, namun juga pendidikan. Kelangkaan bahan bakar minyak membuat transportasi lokal disitu juga mengalami stagnasi. "Banyak anak ke sekolah harus berjalan kaki puluhan kilometer," kata Redi, kepala desa setempat. 

Pihaknya berharap cuaca segera membaik sehingga keadaan dapat membaik seperti sedia kala. [Am]

Facebook comments

Berita Terkait