Bukan Gejala Covid-19, Puluhan ODP di Mukomuko Masih Teregristrasi

Konferensi pers

Bengkulutoday.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menyatakan 40 Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona Virus (Covid-19) di Mukomuko maupun daerah lain  masih berada pada status teregristrasi. Artinya belum benar-benar terpapar pandemik ini.

Hal itu dipertegas oleh Kepala Dinas Herwan Antoni melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Lisyenti Bahar, di mana data tersebut setelah diverifikasi ODP dalam beberapa hari sudah berangsur sehat.

"Itu teregister sebagai ODP. Semua orang yang bepergian dari daerah pandemik, kalau aturannya ODP, tapi jika orang tersebut sudah sehat kembali maka tidak diteruskan ke sini.

Lisyenti mengatakan data untuk ODP yang benar-benar terverifikasi maka akan dirilis oleh Dinkes Provinsi, yakni melalui gejala terpapar Corona selama dua hari berturut-turut.

"Kalau misalnya dia batuk, demam, karena dia influenza, udah nggak masuk di kita. Dia harus bukan ada penyebab lain, misal dari daerah terpapar dan panas suhu 37,5 derajat serta sakit radang tenggorokan. Itu yang verifikasi,” sampainya.

Sementara itu, Herwan menyampaikan, ODP yang sudah terverifikasi Covid-19 berasal dari daerah Mukomuko baru 1 orang.

Pewarta : Bisri Mustofa

www.domainesia.com