Wacana Penundaan PON XX, Gusti Randa Dukung Papua Tetap Tuan Rumah

ilustrasi

Bengkulutoday.com, Jakarta – Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua terancam ditunda waktu pelaksanaannya ditengah wabah pandemi Corona Virus Disesae (Covid-19) di tanah air dan belahan dunia.

Gubernur Papua, Lukas Enembe yang Ketua Panitia PB PON XX sudah ngirimkan surat kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)yang meminta pertimbangan jadwal pelaksaaan PON untuk ditunda.

Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI), Gusti Randa mengatakan jika pandemi Covid-19 sampai Oktober 2020 belum dapat diatasi maka mundurnya pelaksanaan PON XX bisa disepakati.

Menurutnya mundurnya waktu atau jadwal PON XX adalah fleksibel tetapi kalau pindah tempat tidak setuju. 

“Undurnya waktu itu fleksibel, kalau tempat ga mungkin, setau kami di cabor,  meski ini bukan urusan kami. Tetapi pertimbangannya adalah dengan anggaran yang sudah dikeluarkan cukup besar, “ kata Gusti dalam keterangan virtualnya di Live Talkshow di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Kemudian ditambahkan Gusti, pertimbangan lainnya harus tetap di Papua adalah sudah dibangunnya  beberapa venue stadion yang sangat megah yang merupakan kebangaan bagi Papua.

“Jadi tidak mungkin untuk diruba tempatnya. Kalau diruba tempatnya apakah tempat yang dirubanya siap engga, belum tentu siap. Mungkin siap lahan tapi siap anggaran apa engga,” ucapnya.

Masih kata Gusti Randa, yang sangat ekstensi saat ini adalah diundur waktunya tempatnya tetap di Papua. Tetapi, jangan sampai mepet di tahun 2021 karena banyak agenda nasional di tanah air terutama di Papua ada Paralimic Nasional (Parnas).

“Kemudian di tahun 2021 ada Pilkada serentak yang mana konsentrasi Pemerintah Daerah akan ke election tersebut. Harapan kami di Cabor segera Pemerintah bersama PB PON mengambil keputusan jika ditunda kapan waktunya dan tempatnya tetap harus Papua,” tegasnya. []

www.domainesia.com