Upgrade Penyuluh, 2019 Gubernur Bakal Berikan Motor Dinas

Upgrade Penyuluh
Upgrade Penyuluh

Bengkulutoday.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan pertanian, gelar pertemuan teknis dan koordinasi penyuluh pertanian, di gedung serbaguna sekretariat pemda provinsi Bengkulu, Senin (17/12).

Dijelaskan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan perkebunan Ricky Gunarwan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengidentifikasi dan mengawal fungsi kelembagaan yang melaksanakan penyuluhan.

"Pertemuan ini untuk mengoptimalkan kinerja penyuluh dalam rangka mendukung kementerian pertanian dan program prioritas Gubernur," katanya.

Selain itu juga sebagai evaluasi kegiatan penyuluh agar meningkatkan kompetensi baik pengetahuan, sikap maupun keterampilan.  

Dalam sambutannya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, membangun pertanian itu sama dengan membangun Indonesia, karena 60% penduduknya bermata pencaharian bertani.  

Untuk itu, kualitas SDM pertanian harus ditingkatkan kualitasnya. performance penyuluh juga harus meyakinkan, agar para petani mau mendengar dan melaksanakan yang disampaikannya.

"Perbaiki penyuluh, siapkan sarana dan prasarana, kuatkan kelembagaannya dan tingkatkan kualitas SDM nya," tegas Rohidin.

Mewujudkan hal tersebut, Rohidin meminta dinas TPHP pada 2019 menganggarkan pengadaan 1000 motor dinas bagi penyuluh pertanian seprovinsi Bengkulu untuk menunjang kinerjanya. "Penyuluh ini penggerak utama pembangunan pertanian. Pemberian fasilitas kendaraan ini menjadi penting agar semangat kerjanya bagus karena wilayah kerja mereka sangat luas," katanya.

Pengadaan kendaraan secara serentak untuk seluruh penyuluh menurut Gubernur untuk menghindari kecemburuan sesama penyuluh. Sehingga tidak ada perbedaan antara penyuluh yang berstatus sebagai PNS, THL atau penyuluh bantuan. [SD]

NID Old
7690