Tingkatkan Kualitas Air PDAM, Wali Kota Cek Sumber Air Baru

Wali Kota Cek Sumber Air Baru
Wali Kota Cek Sumber Air Baru

Bengkulutoday.com - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi merasa resah dengan kualitas air baku di Kota Bengkulu. Hal ini didapati setelah Duo pimpinan ini meninjau langsung Instalasi Pengolahan Air (IPA) di PDAM Kelurahan Surabaya, Selasa (16/10/2018).

Wali kota beserta rombongan mendapati tingkat kekeruhan air mencapai 10.128 Nephelometric Turbidity Unit (NPU- Pengukuran air baku menggunakan efek cahaya) hingga 46.464 NTU setiap harinya.

Dipaparkan Dirut PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu Sjobirin Hasan bahwa kekeruhan itu terjadi akibat adanya sejumlah faktor yang mengotori sumber air. “Kekeruhan ini adanya aktivitas tambang ilegal di hulu sungai,” katanya.

Tidak lama di PDAM Surabaya, Wali kota beserta rombongan pun menuju ke Desa Ujan Mas Atas Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang.Wali kota menjajaki sumber air baru yang dapat dikonsumsi secara layak bagi warga kota. “Saat ini hampir seluruh kualitas sumber air PDAM dikota Bengkulu sudah semakin mengkhawatirkan dan ini juga membahayakan warga kota Bengkulu jika dikonsumsi,” kata Wali kota Helmi.

Kawasan PLTA Ujan Mas adalah pilihan yang ada saat ini. “Kita akan rapat teknis besok (Rabu,17/10/18) karena sebelumnya kita sudah punya program SPAM, jadi kita lihat juga di mana mandeg nya,” ujarnya.

Kondisi kualitas sumber air yang menurun juga akan disampaikan kepada Pemerintah pusat. Menurut Wali kota Helmi, kota Bengkulu sudah termasuk dalam situasi darurat air bersih.  Dalam jangka waktu 5 hingga 6 bulan kemarau, PDAM sudah kewalahan menyalurkan air bersih dengan kualitas baik.   “Kita akan coba sampaikan ke pak Presiden juga terkait kondisi ini,” tandasnya.

Tampak hadir dalam rombongan Walikota dan Wakil Wali Kota Bengkulu ke kawasan PLTA Ujan Mas yakni Kepala Bappelitbang, Kadis Kesehatan, Dirut PDAM Tirta Dharma, Kadis Kominfo dan persandian serta sejumlah pejabat pemkot Bengkulu lainnya. [Rls]

NID Old
6457
www.domainesia.com