Tim Puslitbang Kunjungi Polres Bengkulu Utara Dalam Rangka Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber

Tim Puslitbang Kunjungi Polres Bengkulu Utara Dalam Rangka Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber

Bengkulu Utara, Bengkulutoday.com - Polda Bengkulu menerima kunjungan dari Tim Puslitbang Polri dalam rangka Penelitian tentang “Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber (Cyber Police) Di Satuan Kewilayahan Dalam Rangka Mewujudkan Polri 4.0” di Polres Bengkulu Utara, Rabu, (28/02/2024).

Kegiatan Tim dari Puslitbang Polri ini dipimpin oleh Kombes Pol. Ade Djadja Subagdja, S.I.K., M.H., beserta tim dan disambut langsung oleh Kapolres Bengkulu Utara AKBP Lambe Patabang Birana, S.I.K., M.H.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkulu Utara mengucapkan selamat datang kepada Tim di Polres Bengkulu Utara, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan SDM Polisi Siber di Polres Bengkulu Utara.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Tim di Polres Bengkulu Utara, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan SDM Polisi Siber di Polres Bengkulu Utara. Dan kami berkomitmen mendukung upaya pengembangan SDM di bidang kepolisian siber guna memastikan keamanan cyber di Wilkum Polres Bengkulu Utara,” Ucap AKBP Lambe Patabang Birana, S.I.K., M.H.

Ketua Tim Kombes Pol. Ade Djadja Subagdja, S.I.K., M.H., dalam arahannya menjelaskan secara rinci tentang Polisi siber dan apa-apa saja yang menjadi tugas dari Polisi siber.

“Polisi Siber atau bisa juga disebut dengan Cyber Police adalah sebuah unit di Kepolisian yang khusus ditugaskan untuk mengatasi kejahatan yang terjadi di dunia maya atau di ruang digital. Mereka bertugas untuk menyelidiki, mencegah, dan menindak pelaku kejahatan seperti penipuan online, pencurian identitas, peretasan (hacking), pornografi anak, pelecehan online, penyebaran informasi palsu (hoaks), dan berbagai tindak kriminal lainnya yang dilakukan dengan menggunakan teknologi dan internet.” Ucap Kombes Pol. Ade Djadja Subagdja, S.I.K., M.H.

Dalam mengembangkan strategi Sumber Daya Manusia (SDM) Polisi Siber (Cyber Police) di Satuan Kewilayahan, dalam rangka mewujudkan Polri 4.0., Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Republik Indonesia (Puslitbang Polri) telah menyelenggarakan kegiatan penelitian yang diadakan di Polres Bengkulu Utara.

“Kegiatan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan polisi yang modern menghadapi tantangan-tantangan di dunia maya serta memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam era digital yang semakin kompleks,” Tegas Ketua Tim.