Tiga Ketua Diganti Plt, Pengurus Golkar: Sesuai Aturan

Logo Partai Golkar

Bengkulutoday.com - Hasil Rapat Pleno DPP Partai Golkar melarang adanya penunjukkan pelaksana tugas (Plt) ketua-ketua DPD Partai Golkar di daerah, menjelang pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar. 

"Tidak boleh lagi ada kebijakan reposisi jabatan Ketua DPD I dan DPD II oleh jabatan Plt (Pelaksana Tugas Ketua) yang dilatarbelakangi perbedaan sikap politik jelang pelaksanaan Munas Partai Golkar," kata Darul Siska, Wakil Koorbid Kepartaian DPP Golkar dalam keterangan persnya, Rabu (6/11/2019).

Menurutnya, jabatan Plt hanya bisa diberlakukan ketika kader berhalangan tetap, seperti meninggal dunia. Dia berujar, sebelum ini muncul isu Ketua-ketua DPD di-Plt-kan karena berbeda pilihan politik di Munas.

"Bukan karena perbedaan sikap politik, lalu jabatan Ketua DPD di-Plt-kan. Keputusan Rapat Pleno tersebut diambil guna menegakkan disiplin organisasi agar berjalan sesuai mekanisme dan AD/ART Partai Golkar," tegas dia.

Darul menegaskan, kepemimpinan seorang Plt bukan keinginan kader-kader akar rumput sebagai pemilik suara Munas. Dia pun mencurigai, Plt-plt yang ditunjuk oleh DPP ada kaitannya dengan Munas Golkar.

"Pasti dilatarbelakangi oleh 'like' dan 'dislike' pimpinan pusat partai. Secara logika politik, tidak mungkin penempatan Plt di DPD-DPD Partai tidak ada kaitannya dengan Munas Golkar pada Desember mendatang, karena mereka adalah pemilik suara dalam Munas," ujar Darul dikutip dari Liputan6.com.

Di Bengkulu, ada 3 DPD Diplt-kan

Untuk diketahui, di Bengkulu ada tiga DPD yang ketuanya diganti oleh pelaksana tugas (Plt), yakni DPD Partai Golkar Bengkulu Tengah, DPD Partai Golkar Lebong dan DPD Partai Golkar Bengkulu Utara. 

Wakil Ketua Bidang Informasi Komunikasi, Media dan Penggalangan Opini DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu Zulkarnain Kaka Jodho mengatakan, penunjukkan Plt ketua-ketua DPD ditiga kabupaten menurutnya telah sesuai mekanisme organisasi Partai Golkar.

"Perlu dicatat, hasil pleno DPP Partai Golkar itu tanggal 5 November 2019, sedangkan penunjukkan plt ketua sebelum tanggal itu. Artinya tidak ada aturan yang dilanggar. Selain itu, penunjukkan plt ketua juga sudah sesuai mekanisme yang berlaku di Partai Golkar," kata Zulkarnain Kaka Jodho di Bengkulu, Jumat (8/11/2019).

Zulkarkain Kaka Jodho sendiri saat ini ditunjuk sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bengkulu Utara. "Saya resmi ditunjuk sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar Bengkulu Utara sejak 5 November 2019, menggantikan Aliantor Harahap," kata Zulkarnain Kaka Jodho.

Sementara untuk DPD Golkar Bengkulu Tengah, ditunjuk Hendrik sebagai Plt Ketua menggantikan Tarmizi. Untuk DPD Partai Golkar Lebong, ditunjuk Lopi Irawan sebagai Plt ketua menggantikan Mahdi.

www.domainesia.com