Skip to main content
PEMERINTAHAN
Sosialisasi pembentukan pasar lelang cabai di Kepahiang

Stabilisasi Harga Cabai Di Kepahiang, Dinas Pertanian Mulai Sosialisasi Pasar Lelang Cabai

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Dinas Pertanian menggelar sosialisasi pembentukan pasar lelang cabai untuk di daerah  Kabupaten Kepahiang Rabu (25/4/2018), tujuannya untuk menguntungkan para petani holtikultura cabai. Pasalnya, pada komoditi cabai sering kali terjadinya anjlok harga hingga melonjak harga cabai, sementara petani tetap dirugikan lantaran adanya calo cabai yang mempermainkan harga.

Kepala Dinas Pertanian Hernawan, S.PKP mengungkapkan adanya pasar lelang cabai di Kabupaten Kepahiang dapat dibuktikan dengan keuntungan yang dirasakan petani. Kegiatan sosialisasi tersebut juga menghadirkan Direktorat  Holtikultura Kementerian Pertanian Ir Sri Wijayanti Yusuf, M.Agr. SC menyampaikan lelang cabai merupakan sebuah solusi sistem pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan petani.

"Kegiatan lelang sebenarnya merupakan pasar yang diatur untuk menyeimbangkan pengetahuan antar pelaku usaha dan petani, mengurangi kemungkinan terjadinya permainan harga pada suatu komoditi dan dapat menciptkan mekanisme penentuan harga yang terbuka," jelas Sri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kepahiang Hernawan menjelaskan jika dengan demikian pada dasarnya pasar lelang ditujukan untuk menciptkan transparansi harga melalui mekanisme tawar menawar langsung antara penjual dan pembeli. Dijelaskan, pasar lelang akan sangat membantu petani dan konsumen, harga cabai membantu petani dan konsumen, harga cabai tidak akan dipermainkan tengkulak dan harga cabai ditingkat konsumen pun tidak terlalu tinggi.

"Kegiatan lelang cabai diawali dengan pengumpulan hasil petik, jadi adanya pasar lelang petani tidak dirugikan dengan permainan harga di tingkat tengkulak. Yang biasanya harga ditingkat petani murah, ditingkat konsumen malah mahal itukan merugikan petani. Nah dengan adanya pasar lelang cabai ini nantinya, dengan sendirinya dapat menstabilisasi harga cabai,"jelas Hernawan.

sosialisasi harga cabai

[Mulyan/Adv]

Tags

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait