Server Dukcapil Kota Bengkulu 'Ngadat', Administrasi Kependudukan Terhenti

Sidak Komisi I ke Dukcapil

Kota Bengkulu, Bengkulutoday.com - Proses administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu terpaksa terhenti. Pasalnya, server pada dinas instansi tersebut mengalami gangguan sejak pekan lalu, ini diketahui saat Inspeksi mendadak yang dilakukan Komisi I DPRD Kota Bengkulu.

 

Ngadatnya server Dukcapil mengakibatkan sejumlah pelayanan terpaksa terhenti, teknisi melakukan pemulihan data server.

"Kita lihat server yang ada pada Dinas Dukcapil sedang gangguan," ujar Ketua Komisi I Teuku Zulkarnain.

Pihaknya menyarankan agar Dukcapil melakukan koordinasi ke Kementerian Pusat untuk menindaklanjuti persoalan tersebut. Tak hanya itu, sarana prasarana layanan kependudukan pada dinas tersebut diminta untuk dibenahi, seperti kebersihan ruangan dan memperbaiki fasilitas lainnya.

"Lakukan evaluasi, apa penyebab dari server ini terkena virus, apakah faktor biasa atau memang ada yang mengutak-atik, sehingga yang ditakutkan data-data yang selama ini sudah ada, dengan kejadian ini datanya hilang, repot nanti untuk menyusun ulang," jelasnya.

Dalam sidak tersebut, dewan menemukan 4 unit mesin pencetak KTP yang rusak. Sementara hanya 1 unit yang bisa dioperasikan dan hanya mampu mencetak sekitar 80 lembar KTP perhari.

"Nanti APBD Perubahan akan kita anggarkan pembelian mesin cetak KTP 3 unit sampai 4 unit  sehingga pelayanan dapat terlaksana," ujarnya.

 

Pewarta : Joko Susanto

www.domainesia.com