Semester II, Event Wisata Hanya Ditujukan untuk Lokal

Meki Indo Manna

Bengkulutoday.com - Batalnya event wisata daerah di Bengkulu akibat dari pandemi Corona Virus (Covid-19) membuat Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu kembali menjadwal ulang kalender event Wonderful 2020. Kendati demikian, pelaksanaan event tetap akan dilakukan apabila pandemi telah usai pada kloter ke-2.

Disampaikan Meki Indo Manna, Kepala Seksi Promosi Dispar Prov, Selasa (28/04/2020) mengatakan, adapun event wisata tersebut akan dilangsungkan dengan kemungkinan yakni promosi event ditujukan hanya untuk lokal.

"Kita tunggu adanya SE dari Kementerian. Jika pandemi usai sebelum semester ke-2, maka kemungkinanannya adalah event tetap dilaksanakan hanya untuk lokal," kata Meki.

Ia menilai, pemulihan aktivitas pariwisata bisa terjadi sangat lama akibat dari tingkat kepercayaan masyarakat menerima wisatawan asing perlu dibangun dari awal.

"Sangat mungkin terjadi. Bahkan bisa sampai pada awal Tahun 2021. Tidak hanya masyarakat kita, bahkan wisatawan asing juga pasti melihat ketakutan-ketakutan yang sama terhadap adaptasi usai pandemi ini," sampainya.

Meki turut menyampaikan, fokus pemerintah pasca pandemi kemungkinan tidak hanya pada perhelatan event lokal saja tapi juga menggelar pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM, pegiat seni dan budaya, dan pelatihan promosi wisata.

"Untuk promosi digital tetap kita lakukan,'' pungkas Meki.

Pewarta : Bisri Mustofa 

www.domainesia.com