Skip to main content
politik
Plt Gubernur Bengkulu menghadiri Vidcon ini dilaksanakan di Ruang Vidcom Rupatama, Mapolda Bengkulu.

Seluruh Elemen Bersinergi, Pemilu 2019 Aman dan Kondusif

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 mendatang, secara bertingkat, Aparat Penegak Hukum bersama Pemerintah Pusat dan Daerah, Penyelenggara Pemilu serta pihak teknis terkait menggelar Rapat Koordinasi. Dikomandoi Menkopolhukam, Kapolri dan Panglima TNI berkomitmen pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung aman dan kondusif.

Menkopolhukam Wiranto mengatakan, menghadapi dan mengamankan Pemilu Legilatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019, banyak hal yang perlu menjadi perhatian khusus aparat penegak hukum (TNI-Polri), mulai dari gangguan kamtibmas, politik identitas dan black campaign, baik secara langsung ditengah masyarakat maupun dalam aktifitas media sosial (medsos).

“Kita telah masuk masa kampanye dan kita tahu bahwa kampanye tahun ini lebih kompleks karena semuanya serentak. Caleg yang ribuan dan massa dari masing-masing kandidat Capres dan Cawapres perlu pengawasan lebih ketat. Kenali masalah, tingkatkan koordinasi. Koordinasi tidak hanya berhenti di tingkat Provinsi namun hingga ke tingkat desa,” tegas Menkopolhukam Wiranto via Video Confernce (Vidcon) Pengamanan Pemilu 2019 bersama Kapolri, Mendagri, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu di Mabes Polri Jakarta, Senin (24/9/2018).

Hal senada juga disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Menurutnya, keberhasilan pengamanan seperti pada Pemilu sebelumnya terfokus pada satu kunci yaitu bersinergi. Dengan bersinerginya seluruh elemen pemerintah, aparat penegak hukum dan masyarakat, maka permasalahan dan ancaman keamanan sebesar apapun dapat diselesaikan.

“Ini menjadi pengalaman bagi kita bahwa semua bisa terjadi karena sinergi. Oleh karena itu menghadapi Pemilu 2019, kita harus tetap bersinergi bersama menjaga keamanan dan kekondusifan,” jelas Kapolri.

Dikatakan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dalam beberapa kali pelaksanaan Pemilu, terbukti di Bengkulu tingkat keamanan dan harmonisasi sosial kemasyarakatan patut diapresiasi tinggi. Terkait jalannya Pemilu 2019, Pemda Provinsi Bengkulu bersama jajaran FKPD Provinsi Bengkulu telah berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan hingga tahapan Pilleg dan Pilpres selesai di Bumi Rafflesia.

“Saya kira apa yang diarahkan Menkopolhukam, Kapolri, Panglima TNI, Mendagri dan jajaran penyelenggara Pemilu akan kami laksanakan sebaik mungkin bersama jajaran FKPD dan unsur teknis terkait lainnya. Saya yakin jika seluruh elemen bersinergi, maka Pesta Demokrasi akan berjalan lancar dana aman,” ungkap Rohidin Mersyah.

Di Provinsi Bengkulu Vidcon ini dilaksanakan di Ruang Vidcom Rupatama, Mapolda Bengkulu. Tampak hadir Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Coki Manurung, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Danrem 041/Gamas Bengkulu Kolonel Inf Irnando Arnold B Sinaga, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap serta perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. [Rian-MC]

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait