Selamat, Di Umur 30 Tahun, Putra Rektor IAIN Bengkulu Raih Ph.D di Universiti Sains Malaysia

M Arif Rahman Hakim

Bengkulutoday.com - Diusianya yang baru 30 tahun, putra Rektor IAIN Bengkulu meraih gelar Philosophy of Doctor (Ph.D) dari Universiti Sains Malaysia. Dia adalah M Arif Rahman Hakim. Sosok muda kelahiran Bengkulu 15 Desember 1990 ini merupakan putra dari Rektor IAIN Bengkulu, Prof Dr Sirajuddin.

M Arif Rahman Hakim berhasil mempertahankan disertasinya didepan 7 profesor selaku penguji melalui webex teleconference yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam pada Selasa 19 Januari 2021. Adapun studi doktoralnya tersebut ditempuh sejak tahun 2017 lalu.

M Arif Rahman Hakim yang juga merupakan dosen di Program Studi Tadris Bahasa Inggris di IAIN Bengkulu. Sejak lulus S1 dari IAIN Bengkulu, M Arif Rahman Hakim melanjutkan studi S2 di Universitas Islam Malang dan selesai pada 2014. Kemudian, dia meneruskan studi doktoral di Universiti Sains Malaysia.

Dari awal, bapak yang dikaruniai dua anak ini memang ingin menuntaskan studi S3 di luar negeri, dan dipilihlah negeri jiran sebagai tempat pengembaran ilmunya.

Adapun topik disertasi doktoralnya adalah sebuah penelitian mengenai pengembangan modul pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan konten budaya lokal Indonesia.

Selain menjalankan aktivitasnya sebagai mahasiswa doktoral selama 3,5 tahun di Universiti Sains Malaysia, M Arif Rahman Hakim juga dikenal aktif sebagai pengurus beberapa organisasi seperti Perhimpunan Pelajar Indonesia, Postgraduate Students Association, USM International student Ambassador, Permai Penang, PCI Nahdlatul Ulama Malaysia dan Gerakan Pemuda Ansor Malaysia. Tak lupa semasa S1, M Arif Rahman Hakim juga aktif di organisasi kemahasiswaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Pria yang juga hobi dengan dunia fotografi ini berharap ilmu yang didapat akan bermanfaat bagi masyarakat secara luas, terlebih diusianya yang masih muda,  ruang pengabdian sangat terbuka luas bagi dirinya, terutama bagi kampus IAIN Bengkulu.