Sambut Tahun Baru, Permata Bank Luncurkan Reksa Dana Global Syariah USD dengan Prinsip Berkelanjutan

Permata Bank Luncurkan Reksa Dana Global Syariah USD dengan Prinsip Berkelanjutan

Jakarta, Bengkulutoday.com – Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama setahun telah membuat kehidupan di dunia menjadi berubah dan semakin membuka wawasan bagi investor atas pentingnya memperkuat portofolio mereka di masa yang tidak pasti.

Semakin hari semakin banyak investor di seluruh dunia yang menginginkan investasi secara berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan, namun tetap menikmati potensi imbal hasil yang menarik, 13 Januari 2021.

Mengawali tahun 2021, PermataBank bersama PT Batavia Prosoerindo Aset Manajemen (BPAM) dengan optimis meluncurkan produk reksa dana syariah bermata uang USD yang berinvestasi pada pasar saham global dengan mengedepankan prinsip berkelanjutan atau environment, social, dan governance (ESG).

Reksa dana dengan nama Batavia Global ESG Sharia Equity USD (BGESEU) menggabungkan investasi konvensional dan wawasan ESG, dimana reksa dana tersebut berinvestasi pada tren dan peluang baru dengan mengedepankan isu sustainability atau berkelanjutan yang memiliki dampak finansial yang nyata.

Reksa dana dengan tema berkelanjutan atau ESG tidak hanya berusaha meningkatkan potensi imbal hasil dalam jangka panjang, namun juga terbukti lebih mampu bertahan pada saat kondisi pasar menurun. Selain itu, perusahaan dengan profil E, S dan G yang kuat akan dikelola dengan lebih baik, sehingga cenderung memberikan potensi kinerja finansial yang lebih unggul. Dengan mengintegrasikan prinsip syariah dan faktor ESG pada reksa dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD, investor mengurangi paparan ke perusahaan dan/atau industri yang dianggap membahayakan oleh pakar investasi berkelanjutan.

Dalam peluncuran BGESEU secara daring, Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengatakan, “Kami melihat kondisi bahwa semakin banyak orang yang sadar tentang krisis iklim dan isu kemanusiaan. Hal ini berdampak baik karena semakin banyak pula perusahaan yang menerapkan strategi berkelanjutan. Generasi millennials adalah generasi dengan skor tertinggi yang memilih perusahaan yang mementingkan sustainability. Keinginan untuk membawa perubahan menjadi salah satu bagian dari niat berinvetasi nasabah millennials, mereka merasa ini adalah tanggung jawab sosial.

Reksa dana berbasis ESG sudah menjadi tren sejak 2017, namun performanya memang meningkat drastis di 2020. Batavia Global ESG Sharia Equity USD menjadi salah satu produk unggulan diawal tahun karena optimis bahwa mengawali tahun masyarakat pasti ingin memulai berbenah perencanaan keuangan, mencari investasi yang cocok return-nya dan sesuai dengan hati Nurani”

Sementara itu, Lilis Setiadi, Direktur Utama PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen mengatakan, “Bersama PermataBank kami antusias dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya investasi berkelanjutan atau ESG. Berdasarkan BlackRock People and Money Survey yang dilakukan pada periode Nov 2019-Jan 2020 dengan lebih dari 8,000 investor di Asia, 68% dari investor tersebut menginginkan investasi mereka untuk memperhatikan aspek E, S dan G. Kami percaya melalui investasi pada Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD, investor mempunyai kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih baik, portofolio yang andal serta membuat dampak positif.”

Susan Bachtiar seorang Aktris, public figure, dan Brand Ambassador PermataBank Priority menambahkan, “Reksa dana memang salah satu pilihan investasi tepat bagi saya untuk tujuan investasi jangka panjang. Mengetahui tentang reksa dana berbasis ESG seperti sebuah kabar baik buat saya karena sudah dari dulu saya peduli tentang isu kemanusiaan dan lingkungan. Menempatkan uang pada saham perusahaan yang telah memenuhi berbagai aspek seperti keterlibatan masyarakat, perilaku berbisnis yang wajar dan beretika seperti bentuk tanggung jawab sosial.”

PermataBank dan BPAM terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam berinvestasi pada reksa dana. Nasabah PermataBank dapat melakukan pembelian produk Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD mulai tanggal 27 Januari 2021. Pembelian reksa dana ini juga dapat dilakukan secara mudah dan seamless melalui PermataNet dan aplikasi PermataMobile X.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD, silahkan mengunjungi www.permatabank.com, Instagram @PermataBank.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

 

RICHELE MARAMIS

Head, Corporate Affairs PermataBank

+62 21 523 7788

[email protected]

 

Lolo Sianipar

PR Consultant for PermataBank

+62 816 99 6007

[email protected]

Tentang PermataBank

PermataBank adalah salah satu dari 10 institusi perbankan terbaik di Indonesia yang menawarkan produk dan jasa inovatif melayani lebih dari 3 juta nasabah di 62 kota di Indonesia. Setelah mendapat konfirmasi dari OJK, PermataBank memenuhi syarat sebagai bank BUKU IV, kategori bank dengan 

total modal lebih dari Rp 30 triliun. PermataBank memiliki 304 kantor cabang, 2 cabang bergerak (Mobile Branch), 942 ATM dengan akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima) dan jutaan ATM di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus. PermataBank telah menerima pengakuan dari berbagai ajang penghargaan terkemuka. Tahun 2019, layanan PermataBank memperoleh 5 penghargaan Satisfaction Loyalty & Engagement (SLE) Award 2019 berdasarkan survei Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI), salah satunya adalah peringkat #1 untuk kategori OVERALL-ENGAGEMENT INDEX 2019 (bank umum konvensional / bank buku 3). Layanan Nasabah PermataTel telah meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 untuk 10 kategori, dari Majalah Service Excellence.

Di kategori produk, kartu kredit, kartu debit dan Unit Usaha Syariah PermataBank meraih peringkat I & II untuk Digital Brand Awards 2019 oleh Majalah InfoBank. PermataBank juga meraih berbagai peringkat service excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, dalam Banking Service Excellence Award 2020 oleh majalah InfoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia. Sebagai pelopor dalam teknologi mobile banking dan mobile cash di pasar Indonesia, pada tahun 2018, Bank meluncurkan aplikasi super PermataMobile X dengan 200 fitur andalan terkini, dan sampai saat ini menjadi salah satu pemimpin digital mobile banking di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait PermataBank kunjungi website kami di http://www.permatabank.com

TENTANG BPAM

Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) didirikan pada bulan Januari 1996 dan mendapatkan ijin sebagai Manajer Investasi dari BAPEPAM-LK pada bulan Juni 1996. Untuk pertama kalinya, BPAM menerbitkan Reksa Dana di bulan September 1996 dan selanjutnya menerbitkan berbagai macam produk yang memiliki portofolio serta performa berkulitas yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Saham, Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana Penyertaan Terbatas serta Perjanjian Pengelolaan Dana Bilateral. Dana kelolaan BPAM pada bulan Desember 2020 sebesar Rp. 49.23 Triliun yang terdiri dari dana – dana individual dan institusi, seperti dana pensiun, yayasan serta korporasi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait BPAM kunjungi website kami di www.bpam.co.id