Rutin Kontrol Keliling, Wujudkan Blok Hunian Lapas Bengkulu Aman dan Tertib

Rutin Kontrol Keliling, Wujudkan Blok Hunian Lapas Bengkulu Aman dan Tertib

Bengkulu - Pastikan situasi aman dan kondusif, Regu Pengamanan Pagi lakukan kontrol keliling (Troling) secara berkala untuk cegah gangguan keamanan dan ketertiban pada seluruh area lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkulu, Sabtu (17/02/2024).
 
Kegiatan troling merupakan agenda wajib bagi seluruh jajaran Regu Pengamanan (Rupam) di Lapas Kelas IIA Bengkulu. Hal ini sesuai dengan Permenkumham No. 33 Tahun 2015 tentang pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Sebagai bentuk dalam mengoptimalkan tugas Rupam.


Kontrol adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengendalian secara seksama terhadap sasaran pelaksanaan tugas pengamanan. Oleh sebab itu, troling lingkungan lapas adalah pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas maupun Rutan. Troling dilaksanakan dengan menyusuri setiap kamar di blok hunian sekaligus cek kondisi WBP, pengecekan kondisi bangunan, area bengkel kerja, serta area lingkungan brandgang. 

Lebih lanjut Kepala Pengamanan Lapas Bengkulu Yulian Fernando menyampaikan, guna meningkatkan keamanan dan ketertiban petugas menghimbau kepada WBP untuk saling mengingatkan agar tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban serta melaporkan segala tindakan berbahaya kepada petugas. 
 
Setelah dilakukan kontrol keliling, situasi dan kondisi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bengkulu terjaga aman dan kondusif.