Rencana Pemindahan Ibukota Diharapkan Mampu Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Pengamat Tata Kota Nirwono Joga

Bengkulutoday.com, Jakarta - Pengamat Tata Kota, Nirwono Joga menegaskan rencana pemindahan Ibukota Negara ke kawasan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dikawasan tersebut.

"Sangat penting adalah cita-cita pembangunan Ibukota Negara harus menjadi   cita-cita seluruh komponen bangsa," kata Nirwono dalam diskusi dengan tema 'Pemindahan Ibukota, Wujud Pemerataan Pembangunan dan Ekonomi', di Jakarta, Selasa (25/02/2020).


Oleh karena itu, kata Nirwono dengan semangat tersebut maka diperlakukan kolaborasi seluruh pihak tidak hanya pemerintah namun masyarakat, swasta untuk secara bersama-sama mewujudkan rencana pemindahan Ibukota Negara tersebut.

Dengan kolaborasi tersebut menurutnya dia mampu mewujudkan Ibukota Negara baru sesuai dengan empat syarat utama yakni mampu melambangkan identitas bangsa, kemudian pembangunan yang berkelanjutan, konsep tata kota yang mengembangkan Smart City serta menggambarkan kearifan lokal.

"Dengan prasyarat tersebut kita yakin IKN baru di Kalimantan tidak hanya menjadi pusat pemerintahan tetapi juga terjadi pemerataan ekonomi baik secara nasional maupun global," tegasnya. (Adr)

www.domainesia.com