Skip to main content
politik
Tiga incumbent DPD RI dapil Bengkulu yang kembali maju di pemilu 2019

Prediktif: 3 Incumbent DPD RI Lolos Lagi, 1 Pendatang Baru

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Pemilu 17 April 2019, tiga incumbent DPD RI dapil Provinsi Bengkulu diprediksi lolos kembali ke senayan. Dia adalah Ahmad Kanedi, Eni Khairani dan Riri Damayanti. Sedangkan satu kursi lagi diprediksi akan diisi oleh pendatang baru.

Direktur Lembaga Studi dan Peradaban Bengkulu (LSPB) Riki menyampaikan argumen dasarnya memprediksi 3 incumbent tersebut lolos lagi ke senayan. "Alasan mendasar adalah ketiganya masih memiliki basis kuat dan mengakar, itu faktual sekali. Jika kita lihat Ahmad Kanedi dengan perolehan suara terbanyak pada pemilu 2014 lalu tentu sulit untuk disalip pendatang baru. Kemudian Eni Khairani yang sudah tiga periode duduk di DPD RI, suara Eni terus meningkat setiap pemilunya. Kemudian disusul Riri Damayanti yang diback up kekuatan partai politik melalui jaringan keluarganya," papar Riki di Bengkulu, Selasa (16/4/2019).

Perolehan suara incumbent di pemilu 2014
1. Ahmad Kanedi : 150.074 suara
2. Eni Khairani : 108.521 suara
3. Riri Damayanti : 87.541 suara

Sementara untuk pendatang baru, Riki memprediksi tiga nama yang kemungkinan bakal duduk di kursi DPD RI. "Sultan Bachtiar Najamudin, Abdul Kharis Makmun dan Elfi Hamidi. Tiga calon itu akan bersaing ketat, Sultan diketahui mantan Wakil Gubernur Bengkulu dan juga pernah duduk di kursi DPD RI, kemudian Abdul Kharis Makmun yang memiliki basis suara di kalangan NU, disusul Elfi Hamidi yang memiliki basis suara sebagian dari Muhammadiyah juga didukung jaringan partai," terang Riki.

Sementara untuk kuda hitam, Riki memprediksi bisa jadi adalah Hermen Malik, mantan Bupati Kaur. 

Untuk diketahui, pemilu 17 April 2019 untuk DPD RI diikuti sebanyak 11 calon sebagaiberikut. 

1. Abdul Kharis Makmun
2. Abdul Rauf Tika
3. Ahmad Kanedi
4. Barlian
5. Elfi Hamidi
6. Emilia Puspita
7. Eni Khairani
8. Fatrolozi
9. Hermen Malik
10. Riri Damayanti
11. Sultan Bachtiar

[brm]

Facebook comments

Berita Terkait