Skip to main content
Pemerintahan
Polda Bengkulu saat menerima kunjungan dari tim Mabes Polri terkait persiapan kenaikan ke tipe A

Polda Bengkulu Bersiap Naik Tipe A

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Kepolisian Daerah Bengkulu bersiap untuk naik jenjang dari Polda Tipe B ke Polda Tipe A. Untuk itu, Polda Bengkulu pada Rabu (1/8/2018) lalu menerima kunjungan dari Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) yang dipimpin oleh Karo Lemtala Asrena Brigjen Pol Drs Sjamsul Sidiq,MH. Kedatangan tim dari Mabes Polri itu dijadwalkan berlangsung selama 3 hari di Bengkulu.

Adapun kedatangan tim itu untuk melaksanakan uji kelayakan untuk kenaikan Polda Bengkulu dari tipe A ke tipe B. Selain Bengkulu, Polda Yogyakarta dan Polda Banten juga akan dinaikkan menjadi tipe A. 

Dikatakan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung, Polda Bengkulu memiliki 5 kriteria yang dijadikan rujukan untuk perubahan dari tipe B ke tipe A. Menurut Coki, Provinsi Bengkulu adalah provinsi bersejarah yang ditandai dengan adanya Fatmawati menjahit bendera pusaka merah putih. Selain itu, penyumbang emas terbesar di Monas adalah dari Provinsi Bengkulu.

Kedua, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi yang unik sekaligus rawan. Bengkulu seperti diketahui berbatasan dengan 4 provinsi yakni Provinsi Lampung, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi serta Provinsi Sumatera Barat. 

Ketiga, Provinsi Bengkulu adalah provinsi yang rawan bencana alam gempa bumi dan tsunami. Dan keempat, Provinsi Bengkulu memiliki pulau terluar yaitu Pulau Enggano. Serta kelima, Provinsi Bengkulu khususnya Kepolisian Daerah Bengkulu memiliki Analisa Beban Kerja (ABK) yang cukup tinggi, dimana ada beberapa Bhabinkamtibmas mengampuh 1 kecamatan.

Kapolda juga menyampaikan sampai saat ini Polda Bengkulu terus membenahi diri, mulai dari pembentukan command center, pembangunan aula pertemuan berkapasitas besar, penambahan CCTV dibeberapa daerah strategis, dan belum lama ini Polda Bengkulu telah memperluas wilayah markas komando (mako) dan sedang dalam pengerjaan pembangunan gedung berbentuk shelter. [Br]

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait