Perangi Berita Hoax, Kadis Kominfo Kepahiang Minta Peran Masyarakat

Kadis Kominfo Jadi Narasumber FGD Antisipasi Berita Hoax

Kepahiang, Bengkulutoday.com – Kepolisian Resor (Polres) Kepahiang melalui Kasat Binmas Ahmad Suhada menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang antisipasi dampak penyebaran berita bohon (HOAX) di Desa Talang Babatan Kecamatan Seberang Musi Kepahiang, Senin (18/11/2019) Pukul 09.00 Wib. Hadir sebagai nara sumber Kepala Dinas Kominfo Kepahiang Kushadi Cahyadi,S.Ip dan Kasat Binmas Polres Kepahiang Ahmad Suhada. Peserta terdiri dari tokoh dan masyarakat desa Talang Babatan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo berpesan kepada masyarakat terutama pengguna media sosial agar berhati-hati dalam penyebaran informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Berita bohong biasanya bersifat provokatif. Oleh karena itu cermati dulu kebenaran berita tersebut, cermati juga alamat situs yang dibagikan. Jangan sampai membagikan berita dari situs yang belum terverifikasi," sampai Kushadi.

Ditambahkan Kushadi, masyarakat harus aktif memeriksa fakta dari berita yang dibagikan. Ia berpesan agar masyarakat segera melapor jika ada berita bohong (hoax) yang beredar disosial media. Bila perlu bergabung dalam grup diskusi masyarakat anti-hoax

"Selain itu perhatikan juga keberimbangan berita tersebut. Jika hanya satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran berita secara utuh. Peran masyarakat juga penting dalam mengendalikan berita hoax. Bergabung di forum/grup anti-hoax juga bermanfaat dalam mencari kebenaran suatu berita. Jika menemukan situs atau konten berita bohong silahkan adukan ke [email protected]," sampai Kushadi.

(My)