Penutupan Cagar Budaya Diperpanjang, Event Internasional Berpotensi Dibatalkan

Kepala Dinas Pariwisata Irsan Setiawan

Bengkulutoday.com - Berdasarkan surat Direktur Jenderal Kebudayaan nomor: 2957/F.FI/KB/2020 tanggal 26 Maret 2020 dan Maklumat Kapolri nomor: Mak/2/III/2020 sehubungan dengan peningkatan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), masa penutupan Cagar Budaya dan wisata sejarah diperpanjang.

"Bersama ini kami sampaikan bahwa untuk sementara Situs Benteng Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno diperpanjang masa penutupannya sejak 29 Maret sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Iskandar Mulia Siregar, selaku Kepala Badan Pengembangan Cagar Budaya (BPCB) Jambi.

Hal ini dipertegas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi, Irsan Setiawan, sebagai salah satu upaya pemutusan mata rantai Covid-19.

"Jika ada perubahan terkait hal tersebut, mereka akan sesegera mungkin menginformasikan kepada pihak Dispar," kata Irsan, Senin (27/04/2020) di Bengkulu.

Selanjutnya, beberapa event internasional juga bisa dipastikan tidak akan ada tahun ini. Namun pihaknya tengah menunggu Surat Edaran dari kementerian untuk mengambil kebijakan di tengah pandemi ini.

"Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini. Semua bentuk pelaksanaan kegiatan kita realokasikan kepada penanganan Covid-19. Semoga cepat tertangani dan sistem perekonomian sektor wisata bisa kembali pulih," papar Irsan.

Adapun dua event internasional yang berpotensi dibatalkan yakni Sport Tourism of Bencoolen (Pantai Panjang, 20 – 27 Juni 2020) dan Festival Bumi Rafflesia (Sport Center, 18 – 22 Juli 2020).

Pewarta : Bisri Mustofa

www.domainesia.com