Pemerintah Dorong Revitalisasi Kampung China Sebagai Pusat Kegiatan Ekonomi

Perayaan Cap Go Meh di Kampung China

Bengkulutoday.com - Dengan hadirnya Paguyuban Sosial Etnis Tionghoa di Bengkulu, Wali Kota Helmi Hasan meminta China Town atau Kampung China dihidupkan kembali. Revitalisasi kawasan Kampung Cina di pusat wisata diharapkan dapat menghidupkan nilai ekonomi dengan pemaksimalan nilai historisnya.

Hal ini terungkap atas penyampaian Bebby Hussie selaku Ketua PSMTI Bengkulu, Sabtu (08/02/2020) malam.

"Beberapa waktu lalu pak wali kota meminta kita mengaktifkan kembali kegiatan di Kampung China ini. Selain berdampak pada ekonomi masyarakat, beliau berharap agar nilai historisnya tidak lepas di mata masyarakat Bengkulu sendiri," sampai Bebby.

Selain itu, Bebby menilai dukungan dari pemerintah baik kota maupun provinsi adalah ditujukan kepada masyarakat.

"Kegiatan even baik pada perayaan Imlek, Hari Jadi Kota Bengkulu dan kegiatan lainnya, kita harap PSMTI bisa memberikan kontribusi dalam merevitalisasi Kampung China ini," paparnya.

Sisi lain, Gubernur yang hadir pada perayaan Cap Go Meh 2020 tersebut mendukung revitalisasi Kampung China sebagai pusat aktivitas ekonomi. Dengan adanya penataan kampung China, diharapkan kawasan tersebut bisa menjadi pusat perdagangan seperti masa jayanya tempo dulu. Apalagi kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata di Bengkulu.

"Kampung cina dulu adalah kawasan ekonomi, kita harapkan kawasan ini bisa kembali berkembang dan nanti terintegrasi dengan Benteng Marlborough," ungkap Rohidin.

Pewarta : Bisri Mustofa

www.domainesia.com