Skip to main content
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Pembangunan Provinsi Bengkulu

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Pembangunan terus di genjot pemerintah Provinsi Bengkulu. Hingga memasuki semester pertama pada tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi telah berhasil beberapa pembenahan infrastruktur yang ada di Provinsi Bengkulu. 

Mulai dari Rencana menjadikan Pelabuhan Pulai Baai Pelindo II jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pulau Baai yang memiliki luas 500 hektare (ha) termasuk dalam 20 kawasan yang diusulkan menjadi KEK. Terbaru Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan meninjau terlebih dahulu recana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Apakah dengan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus akan memberikan manfaat yang besar atau tidak.

"Saya juga akan lihat pelabuhan yang rencananya akan dibangun untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), jika itu memberikan manfaat, ya akan kita berikan" tegas Jokowi beberapa waktu yang lalu.

Dalam hal pengembangan Bandara Fatmawati Suekarno menjadi bandara Internasional pemerintah Provinsi Bengkulu juga menginginkan adanya percepatan. Bandara Fatmawati yang saat ini penglolaannya dipegang oleh Unit UPT Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan di ambil alih pengelolaanya oleh PT. Angkas Pura. Selain itu, dalam waktu dekat monumen bandara Fatmawati Suekarno akan di bangun ini merupakan upaya yang serius pemerintah Provinsi Bengkulu. Rencananya pembangunan monumen ditargetkan rampung pada bula Agustus 2019. 

Terbaru Provinsi Bengkulu masuk dalam proyek strategis nasional dengan dibangunnya jalan tol Lubuk Linggau-Curup-Kota Bengkulu. Pembangunan tersebut diperkuat dengan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada, Jumat (15/3/2019). 

Infrastruktur jalan merupakan akses utama dalam penyaluran logistik dan distribusi. Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Kota Bengkulu nantinya memiliki peran yang sangat luar biasa bagi Provinsi Bengkulu. Dengan pembangauan jalan tol tersebut akan membuka isolasi dengan percepatan distribusi. 

"Provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan 4 Provinsi Besar di Sumatera  merupakan posisi yang sangat strategis. Bila Provinsi Bengkulu terkoneksi dengan 4 Provinsi tersebut maka akan menciptakan kawasan ekonomi di Sumatera Barat. Denga terbukanya isolasi maka perekonomian Provinsi Bengkulu diprediksi akan naiksatu digit. Penyerapan tenaga kerja akan luar biasa. Semua itu sudah kamia analasisi bersama Bank BI, BPS Provinsi dan Instansi terkait", kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Dengan terus mengupayakan pembangunan disegala lini, maka upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu mengentaskan kemiskinan semakin nyata. Menjadikan Provinsi Bengkulu maju dan sejajar dengan provinsi yang lain adalah langkah pertama yang harus dilakukan agar masyarakat di Bengkulu semakin makmur dan sejahtera. 

Facebook comments

Berita Terkait