Pelepasan Program Pesantrenisasi, IAIN Bengkulu Harapkan Mahasiswa Berdedikasi

Pelepasan Mahasiswa IAIN di program pesantrenisasi

Bengkulutoday.com - Pelepasan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu di Pondok Pancasila disertai haru setelah mengikuti program pesantrenisasi angkatan pertama, Rabu (09/10/19).

Pesantrenisasi adalah program Rektor untuk mondok selama satu bulan, sebagai bentuk peningkatkan kualitas calon tenaga pendidik, upaya IAIN dalam menanamkan pemahaman Islam dasar, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri namun juga diharapkan dapat bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya.

Disampaikan oleh Wakil Rektor lll Dr Samsudin M Pd, yang ikut serta dalam pelepasan mahasiswa di Pondok Pesantren Pancasila, bahwasanya dengan adanya program pesantrenisasi ini tentunya diharapkan akan membentuk pribadi santri yang memiliki akidah bersih, ibadah yang benar, dan berakhlak mulia.

"Melahirkan santri yang ahli dzikir, ahli fikir, dan ahli ikhtiar. Membentuk santri yang memiliki karakter baik dan kuat serta mampu mengaplikasikan pembiasaan ibadah dan tata cara hidup yang lebih Islami dalam kehidupannya. Para calon guru ini akan terus dibekali nilai-nilai keagaman dan wawasan kebangsaan sehingga mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional terhindarkan dari radikalisme yang berkebang pada masa saat ini," kata  Samsudin.

Program pesantrenisasi Mahasiswa (IAIN) Bengkulu dijalankan pada 3 tempat yaitu, Pondok Pesantren Pancasila, Pondok Pesantren Hidayatullah Qomariyah, dan Pondok Pesantren Darussalam.

Sementara dari pihak Pondok Pesantren Pancasila, Irvan selaku sekertaris menyampaikan apresiasi dan harapan mendalam bagi mahasiswa yang telah mengikuti program ini.

"Alhamdulillah, malam ini kami usai mengadakan pelepasan mahasiswa yang telah mondok di pesantren kami. Ini adalah salah satu program yang sangat bagus dan diharapakan tentunya akan ada mahasiswa-mahasiswa lainya, dan tidak hanya sekedar dari program studi pendidikan agama Islam saja untuk belajar di sini. Untuk mahasiswa selama mengikuti program ini begitu antusias, dan penuh semangat dan Insyaallah, ilmu yang disampaikan dapat diterapkan oleh mahasiswa," ujar Irvan.

“Untuk ini kami pihak pondok sangat berterima pada pihak IAIN yang telah memilih pondok pesantren kami sebagi tempat belajar mahasiswa, dan ini dapat menjadi promosi juga bahwasanya Pondok Pesantren Pancasila ini sangat baik untuk menjadi pilihan orang tua yang ingin memondokan anaknya,” pungkas Irvan. (Wulan/Adv)

www.domainesia.com