Pelatihan Kemandirian Warga Binaan Lapas Curup Dengan Berkebun Pepaya

Pelatihan Kemandirian Warga Binaan Lapas Curup Dengan Berkebun Pepaya

Curup - Melalui Petugas dan Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Curup melakukan perawatan kebun pepaya dan tanaman lain di area Perkebunan Lapas. Pemeliharaan dan perawatan dilakukan untuk menjaga kesuburan, Kesehatan, dan kebersihan tanaman Lapas, Kamis, 13/06


Perawatan kebun Pepaya yang dilakukan hari ini meliputi membersihkan rumput-rumput liar yang ada pada area sekitar kebun dan juga melakukan penyiraman setiap paginya. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesuburan  dan Kesehatan tanam tanaman di Lapas, guna menciptakan suasana yang asri dan hijau. Kegiatan ini juga digunakan untuk menimbulkan kesadaran diri sendiri untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terawat. Dengan adanya Perkebunan pada Lapas maka sedikit banyak menambah kegiatan dan mengasah keterampilan warga binaan dalam berkebun.


Staf Seksi Kegiatan Kerja, Taufiq Sultoni, Di Lapas Curup, narapidana terlibat secara aktif dalam perawatan tanaman  sebagai bagian dari program pembinaan di dalam lapas. Setiap narapidana turut serta dalam berbagai kegiatan perawatan tanaman, mulai dari pemangkasan, penyiraman, hingga pemupukan. Mereka belajar tentang teknik perawatan tanaman yang efektif, pengenalan jenis-jenis penyakit tanaman, serta langkah-langkah pencegahan yang perlu dilakukan.


Kalapas Curup, Ronaldo Devinci Talesa, menyatakan bahwa partisipasi aktif narapidana dalam perawatan tanaman  adalah bagian penting dari pembinaan di dalam lapas. Baginya, program ini tidak hanya tentang produksi hasil pertanian, tetapi juga tentang membentuk karakter dan memberikan pelajaran tentang tanggung jawab serta kemandirian kepada narapidana. Dengan terlibat dalam perawatan tanaman, narapidana Lapas Curup memperoleh pembelajaran yang bernilai untuk masa depan mereka.