Skip to main content
Berita Internasional
Bukti peradaban

Mengintip Sejarah Peradaban Tiongkok di Xian

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Republik Rakyat Tiongkok atau yang dulu dikenal sebagai Republik Rakyat China, adalah salah satu bangsa yang memiliki sejarah peradaban terpanjang dan terkaya di dunia. Kini, sejarah peradaban panjang ini masih bisa Anda saksikan dengan jelas di beberapa kota yang ada di Tiongkok. Salah satunya adalah Xi’an. Dikenal sebagai jendela peradaban kuno Tiongkok, apakah Anda penasaran kekayaan apa saja yang dimiliki oleh Xi’an? Berikut ini lima pengalaman yang bisa dirasakan saat berkunjung ke Xi’an.

1. Prajurit Terakota

Bisa dikatakan sebagai salah satu peninggalan sejarah terpenting di abad ini, pasukan terakota adalah sebuah situs arkeologis yang sarat makna. Ratusan patung prajurit yang terbuat dari tanah ini bertugas untuk menjaga kaisar Qin Shi Huang di alam baka. Di sini Anda pun masih bisa menyaksikan para arkeolog yang menyusun ulang berbagai kepingan untuk membuat sang prajurit terakota utuh kembali.

2. Berkunjung ke Yuanjia Village

Tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi desa lawas Yuanjia. Desa ini sedikit banyak bisa memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana kehidupan di dinasti Tang beberapa abad silam. Rumah-rumah mungil, jalan yang terbuat dari batu, dan kebiasaan penduduk di desa ini pun belum berubah banyak. Sehingga bisa memberikan kesan kuno yang otentik.

3. Menikmati kuliner halal di Muslim Street

Xi’an merupakan salah satu kota dengan penduduk muslim terbanyak di Tiongkok. Jadi, tidak perlu bingung dalam mencari kuliner halal. Di Muslim Street Anda bisa menemukan berbagai hidangan dan jajanan ringan halal yang lezat. Temukan berbagai kuliner dengan perpaduan cita rasa khas Arab dan Tiongkok yang menggugah selera di berbagai sudut Muslim Street. Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini di malam hari saja karena suasananya terasa lebih semarak. Dengan diterangi lampu neon dari kedai-kedai milik para pedagang, dijamin Anda ingin kembali lagi dan lagi ke Muslim Street.

4. Tantang adrenalin di Mount Huashan

Berwisata mengintip masa lalu kurang lengkap bila tidak mengunjungi Mount Huashan. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling berbahaya untuk didaki di Tiongkok. Jadi, pastikan bahwa diri Anda memang sudah berpengalaman dan telah dilengkapi peralatan keselamatan yang standar. Namun, di balik sisi bahaya itu, Anda juga bisa menemukan keindahan alam yang terjadi di depan mata. Wajar bila Mount Huashan termasuk salah satu tempat yang paling direkomendasikan oleh para traveler ketika berkunjung ke Xi’an.

5. The Drum and Bells Tower

Satu lagi bukti peradaban kuno Tiongkok yang masih bertahan hingga.kini. The Drum and Bells Tower adalah dua buah menara yang menjadi rumah bagi sebuah drum dan sebuah lonceng besar. Dulu, keduanya digunakan sebagai penanda waktu dan sebagai peringatan bahaya. Meskipun kini sudah tidak digunakan lagi, kedua menara ini masih menjadi incaran para traveler. Arsitekturnya otentik terlihat lebih menawan di malam hari dengan hiasan tata cahaya yang epik.

Itu dia lima pengalaman yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Xi’an, Tiongkok. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa Tiongkok masih punya banyak kota menarik lainnya yang layak untuk dikunjungi. Ada Beijing, Guangzhou, Hong Kong, Shenzhen, dan masih banyak lagi. Meskipun Tiongkok punya banyak alternatif destinasi, namun hanya ada satu cara terbaik untuk merasakannya yakni dengan menggunakan China Southern Airline. Sebab, selain menyediakan penerbangan dengan harga menarik, maskapai ini juga mampu memberikan pengalaman terbang yang nyaman. Jadi, kapan ke Tiongkok?

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait