Skip to main content
Hari Raya Idul Adha
HUT RI ke 73 Mukomuko
IKLAN KPU
TODAY
Nasional
Mendes Intruksikan Pendamping Desa Segera Bantu Korban Gempa Bumi

Mendes Intruksikan Pendamping Desa Segera Bantu Korban Gempa Bumi Lombok

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, menginstruksikan para Pendamping Desa untuk turut membantu para korban bencana gempa bumi yang mengguncang kawasan Lombok dan Mataram di Nusa Tenggara Barat (NTB). Peristiwa yang terjadi pada Minggu kemarin juga dirasakan hingga Provinsi Bali.

“Para pendamping desa di NTB dan Bali segera lakukan langkah-langkah nyata untuk membantu para korban bencana gempa bumi,” kata Menteri Eko di Jakarta, Minggu (06/08/2018).

Dirinya pun meminta agar para pendamping desa untuk terus memberikan laporan terbaru dari lapangan serta berkoordinasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Menteri Eko pun menawarkan agar Balai Latihan Masyarakat (BLM) Kemendes PDTT yang berada di kawasan Seminyak, Bali, untuk dapat dijadikan tempat penampungan sementara bagi masyarakat Bali yang terkena dampak gempa.

“Gunakan BLM Kemendes PDTT yang berada di Seminyak Bali untuk tempat penampungan jika diperlukan,” tegasnya. 

Menteri Eko juga menyampaikan rasa dukacitanya pada seluruh korban meninggal dunia maupun para pengungsi yang terkena musibah gempa bumi pada 5 Agustus kemarin. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 6 Agustus pukul 10.00 WIB mencatat terdapat 91 orang korban meninggal dunia, 209 orang luka-luka, ribuan jiwa masyarakat mengungsi,dan ribuan rumah rusak. Pendataan hingga kini masih terus dilakukan oleh pihak BNPB.

"NTB berduka, Pray for NTB. Turut berduka kejadian gempa bumi berkekuatan 7 skala richter pada tanggal 5 Agustus 2018 di Timur Laut Lombok Utara, NTB," lanjutnya. (Rls)

Facebook comments

Berita Terkait