Skip to main content
politik
Helmi Hasan dan istrinya usai dilantik sebagai Wali Kota Bengkulu

Mantan Tersangka Dilantik Jadi Wali Kota Bengkulu

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Wali Kota Bengkulu terpilih Helmi Hasan dan wakilnya Dedy Wahyudi resmi dilantik untuk periode 2018-2023. Pelantikan dilangsungkan di Gedung Serba Guna Pemda Provinsi Bengkulu oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Senin (24/9/2018).

Helmi Hasan diketahui pernah menjadi tersangka dalam kasus bansos yang ditangani Kejaksaan Negeri Bengkulu. Dia dilantik menjadi Wali Kota Bengkulu untuk kedua kalinya setelah selesai masa jabatan 5 tahun lalu. Dalam kasus bansos itu, Helmi Hasan melakukan upaya hukum praperadilan dan menang. Status tersangkapun akhirnya batal demi hukum. 

Selain itu, istri Helmi Hasan Khairunisa diketahui pernah disebut dalam kasus dana Rp 500 juta yang saat ini kasusnya masih bergulir di Kejaksaan Negeri Bengkulu. Berdasarkan 'nyanyian' mantan Kadis PPKAD Kota Bengkulu Sofyan, kasus dana Rp 500 juta memiliki keterkaitan dengan upaya praperadilan Helmi Hasan atas kasus bansos. 

Nama Sekda Kota Bengkuku Marjon juga disebut dalam kasus dana Rp 500 juta itu. 

Pada pilwakot yang digelar 27 Juni 2018 lalu, Helmi Hasan berpasangan dengan tokoh pers Dedy Wahyudi dan berhasil mengalahkan tiga pasangan lainnya. Helmi unggul dalam perolehan suara, disusul pasangan Patriana Sosialinda dan Mirza, kemudian David Suardi - Bakhsir dan Erna Sari Dewi - Ahmad Zarkasi. Hasil pilwakot awalnya sempat digugat oleh paslon Patriana Sosialinda dan Mirza, namun gugatan kemudian dicabut dengan alasan demi menjaga situasi aman dan kondusif di Kota Bengkulu. [JS]

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait