Maksimalkan Produk Unggulan Desa di Kepahiang Melalui BUMDes

Bupati Kepahiang

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid, MM, IPU membuka rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) melalui sosialisasi dan pelatihan aplikasi SIA Bumdes Rilis 2019 di Hotel Umro, Senin (19/8/19) Pukul 09.00 waktu setempat. Hadir dalam acara tersebut Kepala BPKP Propinsi bengkulu, Kepala KPW P3MD, Camat Se-Kabupaten Kepahiang serta pengurus BUMDes se-Kabupaten Kepahiang.

Dalam sambutannya bupati mengingatkan BUMDes harus bisa meningkatkan pendapatan desa dengan cara mengembangkan dan memaksimalkan produk unggulan desa.

"Desa harus memetakan produk unggulan desanya. Apakah berbasis pariwisata seperti di Kabawetan atau produk-produk kerajinan tangan. Sehingga BUMDes ini dapat meningkatkan penghasilan desa atau Pendapatan Asli Desa," sampai Bupati.

Bupati juga berharap dalam pengelolaan BUMDes dan Dana Desa dapat menggunakan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang ada di desa sehingga bisa menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat desa tersebut. Sebagaimana harapan pemerintah pusat, dana desa diharapkan mampu meningkatkan pemberdayaan serta ekonomi kerakyaratan.

"Ini juga bertujuan agar dana tersebut bisa berputar di desa tersebut, bukan hanya infrastruktur. Melainkan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat, ada banyak cara salah satunya pengelolaan BUMDes ini," harap Bupati.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dinas Sosial PMD Kepahiang Irwan Alfian,ST menyampaikan kegiatan ini berlangsung selama dua hari yang mana peserta pelatihan sebanyak 120 orang yang terdiri dari pengurus BUMDes.

"Adapun tujuan dari rakor ini adalah dapat menguraikan ruang lingkup aplikasi sistem informasi akuntansi desa terkait pengelolaan pengetahuan dan pelaporan serta manajemen data BUMDes," sampainya.

(my)

www.domainesia.com