Skip to main content
Kota Bengkulu
Lagi, 2 Kelurahan Deklarasi SBS dan SBTM

Lagi, 2 Kelurahan Deklarasi SBS dan SBTM

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Kesehatan Setelah mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Sungai Serut Kecamatan Kampung Melayu, Gading Cempaka berlanjut ke Kecamatan Ratu Agung, Senin (22/10/18).

Ketua Forum Kota Sehat Kota Bengkulu Arifin Daud  menyampaikan deklarasi ini bertujuan membangun kesehatan yang berbasis masyarakat yang menjadi program Kota Bengkulu. Rangkaian ini terus dilakukan guna meningkatan kesehatan masayarakat yang berbasis kesehatan lingkungan.

Pihaknya, lanjutnya, akan terus melakukan kesehatan berbasis masyarakat dilaksanakan untuk mempertahankan prestasi nasional sebagai kota sehat swasti saba wistara pada tahun 2017 dan memperbaiki peringkat untuk tahun 2019 mendatang agar masuk dalam rangking 10 besar nasional.

“Jalin kebersamaan untuk pembangunan kesehatan yang berbasis masyarakat. Kita mampu melakukan jika kita bersama-sama,” ujarnya.

Program ini juga membangun kebersamaan seluruh pihak yang meliputi semua unsur masyarakat.

“2019 semua kelurahan dan kecamatan menuju kota bengkulu yg sehat,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawati menyampaikan 2 Kelurahan yang deklarasi hari ini adalah Kelurahan Tanah Patah dan Kelurahan Kebun Beler. Ini bentuk komitmen untuk mempertahankan masyarakat kelurahan tidak membuang air besar sembarangan dan cuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar serta akan meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih sehingga 5 pilar STBM bisa terwujud.

Ia melanjutkan kelurahan tersebut sudah 100 persen memiliki jamban sehat. Maka dari itu peran aktif masyarakat dan pemerintah sangat di perlukan.

“Ketika kita sudah deklarasikan bararti kita komitmen untuk tidak lagi buang air besar sembarangan. Kita harus mempertahankan deklarasi merupakan indikator penting dari penghargaan tersebut,” paparnya.

Ia harap deklarasi ini mampu mengurangi angka kematian,mari kita hidup sehat dengan menjaga kebersihan.

“Sudah tanggung jawab kita bersama untuk memwujudkan Kota Bengkulu sehat dan bersih,” kata dia.

Tampak hadir Kapolsek, Camat Ratu Agung, Tokoh adat, Tokoh masyarakat, forum kota sehat kota bengkulu.

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait