Kilauan Sukacita Makrab Prodi IPS IAIN Bengkulu

Mahrab prodi IPS IAIN Bengkulu

Bengkulutoday.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu program studi Ilmu Pengetahun Sosial (IPS) menggelar acara Malam Keakraban (Makrab), Sabtu (14/09/19), di Gedung Saintek lantai 3. Kegiatan berlangsung meriah dengan mengangkat tema "Menuju IPS KIBAR, Kreatif, Inovatif dan Berkarakter".

Acara dibuka langsung oleh Kaprodi IPS dilanjutkan dengan penampilan menari yang dibawakan oleh Sanggar IPS, serta penampilan dari para mahasiswa baru (Maba) Prodi IPS. Selanjutnya, Makrab diisi dengan penyampaian kuliah umum terkait manejemen sekolah yang diisi oleh Desy Eka Citra M Pd.

Disampaikan Ronal, selaku ketua panitia Makrab, bahwasanya kegiatan makrab IPS diikuti 79 Maba, 50 Panitia dari angakatan 2015-2019 dan bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus kepada Maba.

“Harapannya, dengan terselenggaranya kegiatan ini, mahasiswa IAIN Bengkulu dan lingkungan kampus dapat saling mengenal satu sama lain guna mempererat tali persaudaraan, antara sesama mahasiswa Prodi Ilmu Pengetahuan Sosial,” ujar Ronal.

Selanjutnya, kuliah umum terkait manajemen sekolah guna meningkatkan semangat para mahasiswa sukses akademik dan non akademiknya. Kuliah umum menjadi kegitan wajib yang harus diikuti Maba.

Dalam kuliah umumnya Desy, menyampaikan, peran sebagai  mahasiswa harus mampu memanjemen waktu secara seimbang terkhususnya terkait kegiatan belajar, bekerja, bermasyarakat dan istirahat secara efektif. Diharapkan Mahasiswa dapat membiasakan untuk menjadi pribadi yang mampu mengatur waktunya sehingga dapat berhasil secara akademik dan non akademik dengan keseimbangan waktu yang telah di manajemen.

“Mahasiswa bukan hanya harus  memiliki prestasi akademik tetapi juga harus mempunyai prestasi di organisasi, karena organisasi adalah modal awal mahasiswa bisa menempah jiwa leadership-nya yang sangat dibutuhkan di dunia kerja,” tutur Desy.

"Penyampaian terkait Manajemen Waktu ini sangat perlu dilakukan karena mahasiswa terkadang lalai akan manajemen waktu yang salah Sehingga dapat berdampak pada semangat belajar mahasiswa, dengan ini saya selaku dosen (IPS)  akan terus berkomitmen  memberikan kontribusi aktif untuk kemajuan Prodi Tadris IPS," lanjut Desy.

Pewarta : Wulan

Editor : Bisri