Skip to main content
Teknologi
Ilustrasi (Net)

Kapan Laptop harus Diinstall Ulang?

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Tahukah Anda bahwa sebagus apapun laptop yang Anda beli, proses install ulang tetap tak dapat dihindari? Ya, meskipun Anda mungkin memilih harga laptop yang fantastis disertai fitur canggih dan fungsi yang menarik, tidak ada jaminan bahwa laptop Anda akan terbebas dari proses penginstallan ulang.  

Beberapa software mungkin membuat laptop Anda bekerja terlalu keras, sehingga diperlukan proses install ulang. Terkadang, Anda harus merelakan beberapa pekerjaan Anda hilang begitu saja jika laptop tiba-tiba down. Untuk itu, Anda harus lebih mewaspadai semua hal terkait kondisi laptop Anda, sebelum dia sempat mati secara mendadak. 

Berikut adalah 5 ciri utama yang dapat menjadi penanda kondisi laptop Anda sudah tidak stabil dan harus melalui proses penginstallan ulang. 

1. Loading lambat 

Proses loading yang lambat akan terjadi pada setiap jenis laptop, dengan harga laptop berapapun. Namun, jika kondisi ini cukup sering terjadi, maka dapat dipastikan bahwa ada masalah pada sistem operasi maupun software yang digunakan pada laptop. Jika Anda mengalami hal tersebut, sudah dipastikan bahwa laptop Anda memerlukan proses install ulang. 

2. Program sering tertutup sendiri

Ini merupakan ciri yang cukup khas untuk menandakan sistem operasi Anda harus segera diperbaharui. Keadaan ini perlu ditangani, apalagi jika terjadi pada program yang bersangkutan dengan pekerjaan Anda, karena hal tersebut akan sangat mengganggu. 

Terlebih jika pekerjaan yang sudah Anda kerjakan mungkin belum tersimpan dan hilang begitu saja. Untuk itu, pastikan bahwa Anda melakukan proses install ulang jika keadaan ini sudah sering terjadi pada laptop. 

3. Restart mendadak 

Pernahkah Anda tiba-tiba menerima pemberitahuan yang mengharuskan Anda melakukan restart? Atau mungkin tiba-tiba laptop Anda mengalami restart otomatis? Kondisi ini mungkin disebabkan oleh keadaan sistem operasi yang melemah karena adanya virus pada laptop Anda. Karenanya, proses install ulang harus segera Anda lakukan untuk memperbaiki  kerja sistem operasi sekaligus menghilangkan virus-virus tersebut.   

4. Muncul kolom Not Responding

Kemunculan kolom not responding bukanlah hal yang baik bagi laptop Anda. Kolom ini menandakan bahwa laptop Anda tidak mampu lagi bekerja seperti biasanya. Masalah yang mungkin terjadi adalah pada sistem operasi laptop Anda yang mulai melambat. Untuk itu, proses penginstallan ulang diperlukan agar kolom tersebut tidak muncul lagi dan semua sistem dapat kembali seperti baru. 

5. Booting Lama

Proses booting lama dapat disebabkan oleh program yang sudah berjalan otomatis saat laptop dihidupkan atau memang sistem operasinya yang sudah bekerja lebih lama. Maka dari itu, jika laptop Anda membutuhkan waktu booting yang lama, Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kebagian startup Anda. 

Pastikan bahwa startup Anda kosong (tidak menampilkan program apapun). Jika iya, maka dapat dipastikan bahwa proses penginstallan ulang sistem operasi diperlukan. 

Apakah laptop yang Anda miliki memiliki ciri tersebut? Jika iya, segera lakukan proses penginstallan ulang sebelum ia sempat mati secara tiba-tiba dan Anda kehilangan semua hasil pekerjaan Anda. Karena, harga laptop semahal apapun tak akan menjamin bahwa laptop Anda akan selamanya aman dan stabil. 

Untuk Anda yang laptop lamanya sudah terlanjur mati dan tidak dapat diperbaiki lagi, kunjungi toko online Bukalapak untuk melihat penawaran laptop terbaik bagi Anda. Ingin jenis laptop yang paling baru dengan harga laptop yang terjangkau?  Cocokkan harga laptop Asus terbaru dengan kantong Anda. Bukalapak menawarkan produk laptop yang berkualitas dan pilihannya lengkap. Selain itu transaksi di Bukalapak juga aman dan memudahkan.

Dapatkan juga informasi produk Hp Asus terbaru di Bukalapak.com

[**]

Facebook comments

Berita Terkait