Skip to main content
Nasioanl
Jaya Suprana: Tjahjo Kumolo Lanjutkan Sumpah Soepardjo Rustam

Jaya Suprana: Tjahjo Kumolo Lanjutkan Sumpah Soepardjo Rustam

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Sikap rendah hati yang kerap ditunjukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mendapat pujian dari Ketua Rekor MURI Indonesia, Jaya Suprana.

Sikap rendah hati Mendagri ini kata Jaya adalah melanjutkan sumpah perjuangan Soepardjo Rustam yang merupakan Ajudan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang juga mantan Menteri Dalam Negeri ke-18. "Bapak Mendagri yang saya hormati, kita sama-sama merupakan santrinya bapak Soepardjo Rustam, saya melihat beliau (Tjaho Kumolo) melanjutkan sumpah perjuangan Soepardjo Rustam," kata Jaya Suprana, Jumat (24/8/2018).

Hal ini disampaikan Jaya saat memberikan rekor dunia kepada Kemendagri yang sudah mengadakan pertandingan catur sekaligus malam puncak Tasyakuran HUT RI ke 73 Kemendagri dan BNPP di IPDN Cilandak, Jakarta Selatan. Malam Tasyakuran ini adalah rangkaian dari kegiatan perayaan HUT Indonesia ke 73. Dimana, Kemendagri mengadakan berbagai kegiatan perlombaan baik itu antar komponen maupun antar lembaga lainnya.

Diketahui Soepardjo Rustam adalah pengawal setia Panglima Besar Jenderal Sudirman. Soepardjo atau yang akrab disapa Pardjo ini adalah satu-satunya ajudan yang berhasil menembus brikade pasukan Belanda untuk mencari makanan bagi kawan-kawan dan Jenderal Sudirman yang kelaparan.

Tentu ini menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Pardjo. Setelah Jenderal Sudirman wafat, Soepardjo Rustam pun diangkat menjadi Gubernur Jawa Tengah yang juga sebagai pendiri Museum Kereta Api di Ambarawa. Tahun 1983 Sopeardjo diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri oleh Presiden Soeharto waktu itu sampai periode 1988. Dan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. Dan sang ajudan ini pun meninggal pada tahun 1993.[Rls]

Facebook comments

Berita Terkait