Isi Seminar Daerah, Wali Kota Helmi Paparkan Program Inovatif Pemkot Bengkulu

Isi Seminar Daerah, Wali Kota Helmi Paparkan Program Inovatif Pemkot Bengkulu

Bengkulutoday.com - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menghadiri serta menjadi narasumber pada seminar daerah. Seminar daerah yang bertema “Inovasi Otonomi Daerah dan Percepatan Pembangunan” diselengarakan oleh Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan berlangsung di ruang rapat utama Rektorat Universitas Bengkulu, Senin (16/3/2020).

Dalam seminar ini Helmi menyampaikan, bahwa guna mendukung penyelenggaraan otonomi daerah (Otda) yang bersih dan demokratis, Pemerintah harus melakukan terobosan dengan melahirkan program-program yang efektif dan efesien serta terukur sesuai yang dibutuhkan masyarakat agar berdampak terhadap masyarakat kesemua bidang nantinya.

“Terkait hal itu, dengan keterbasatan yang ada di Kota Bengkulu kita berupaya meningkatkan daya saing guna menuju gerbang kesejahteraan yang menghadirkan kebahagiaan di Kota Bengkulu, untuk mendorong itu semua kami lebih tekankan dari sisi religiusnya,” ujar Helmi.

Ia menjelaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu sudah melakukan terobosan-terobosan program yang efektif untuk menciptakan kebahagiaan ditengah masyarakat seperti program Gerakan Peduli Siswa (GPS), Gerakan Peduli Yatim (GPY), HD Oto, HD Samawa dll.

“Program-program ini dengan acuan Anggaran Pendapatan dan Belajar Daerah (APBD) untuk rakyat karena dari rakyat untuk rakyat. Jadi program yang dikeluarkan sasaranmya untuk membahagiakan rakyat dengan memanfaatkan program-program kreatif dari sisi lain, seperti progam GPS yang mengajak seluruh siswa untuk peduli sesama dengan menyisihkan uang belanja mereka sehari-hari untuk memberikan kepada teman yang membutuhkan bantuan tersebut,” tambahnya.

Karena menurut Helmi, dengan inovasi-inovasi seperti ini didaerah merupakan peluang daerah berkreativitas dan berkarya melahirkan terobosan peningkatan kinerja pemerintah dalam percepatan pembangunan.

“Dengan ini, akan munculnya pemerintahan yang lebih responsif serta peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial, sehingga tercipta pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk waspada terhadap virus Corona dengan sesuai intruksinya.

 

sumber: Media Center Kota Bengkulu