Ini Cara Bupati Bengkulu Tengah Promosikan Wisata Bukit Kandis

Bupati menunjukan lokasi Bukit Kandis

Bengkulutoday.com - Bagi kamu yang suka traveling, mungkin Bukit Kandis bisa masuk dalam daftar kunjungamu loh. Bukit Kandis sebuah perbukitan batu dengan pesona alam yang luar biasa terletak di desa Durian Demang Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Bukit Kandis ini menyimpan pesona Bukit Batu.

Sejarah 

‘Kandis’ diambil masyarakat sekitar untuk menamai bukit ini karena dahulu di bukit ini dipenuhi pohon asam kandis. Sayang sekarang tanaman itu telah hilang seiring eksploitasi tambang batu di area bukit. Hal yang jadi pesona bukit ini adalah kolam mata air di puncak bukit. Kolam dengan air bersih dan segar yang tak akan pernah kering meskipun terus diambil bahkan di musim kemarau.

 

Konon katanya, kolam alam di puncak Bukit Kandis ini sering dikaitkan masyarakat sekitar dengan keberadaan siluman harimau. Mereka yakin bahwa kolam itu menjadi tempat mandi siluman harimau penunggu Bukit Kandis. Sumber air tersebut sering dimanfaatkan penambang batu untuk minum atau memasak ketika berada di atas bukit. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai sumber air ketika masa kekeringan melanda. Di kanan kiri kolam hidup tumbuhan hijau yang subur.

 

Selain keunikan kolam di puncak Bukit Kandis, wisata ini juga menyajikan trek panjat tebing yang menantang. Ditambah lagi, saat ini pemerintah kabupaten Bengkulu Tengah membuka jalur Offroad Nasional yang menantang bagi penggemar olahraga mobil Off Road. Kawasan wisata ini sering juga dijadikan lokasi berkemah anak-anak sekolah maupun para pecinta alam.

Jarak Tempuh 

Pesona Bukit Kandis ini berbentuk seperti Spink di Mesir berlokasi yang cukup dekat dengan kota Bengkulu. Hanya dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai wisata alam ini. Lebih jelasnya 650 meter dari persimpangan jalan Desa Durian Demang Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu . Akses jalan menuju Bukit Kandis hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki loh, karena kondisi jalan yang berbatu dan terjal untuk mecapai bukit nan indah tersebut.

Namun jangan kuatir, semua perjuangan itu impas ketika kita menikmati pesona Bukit Batu di Bengkulu bernama Kandis ini. Bukit dengan pesona alam serta mitos yang menggoda untuk dikunjungi. Jika ke Bengkulu mampirlah ke Bukit Kandis.

 

Khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Selain dari sajian keindahan alamnya Bukit Kandis Juga kerap digunakan untuk latihan olah raga panjat tebing serta bisa juga di gunkan untuk berkemah bagi yang ingin menikmati alam nan asri di malam hari, warga sekitarpun sangat ramah menyambut pengunjung yang datang.

Bupati Bengkulu Tengah, Ferry Ramli mengatakan, terdapat lima hal besar yang bersumber pada pengembangan wisata. Pertama, konsolidasi infrastruktur. Setiap pengembangan destinasi wisata, kata dia, bisa dipastikan harus diikuti dengan perbaikan infrastruktur, baik itu jalan, jembatan, kelistrikan, teknologi, maupun air di sekitar destinasi.

Lanjutnya, konsolidasi budaya. Dia mencontohkan bagaimana Bengkulu Tengah menumbuhkan rasa bangga warga terhadap budaya daerahnya dan dengan wisata yang dimilikinya. 

Ia juga menyampaikan, untuk sektor wisata, Ia akan selalu memperhatikan dan mengawasi, karena sektor wisata itu juga sebagai penyebab majunya suatau daerah tersebut. 

"Soal wisata bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, namun kesadaran kita bersama, bagaimana cara kita mempromosikannya, dan bagaimana cara kita menjaganya, mari kita jaga objek wisata dan buat Kabupaten Bengkulu Tengah ini juga terkenal di bidang wisata," ucap Bupati Bengkulu Tengah dengan semangat saat di temui awak media Wartaprima.com. 

Ia juga mengajak bagi masyarakat yang belum merasakan keindahan alam Bukit Kandis segera rasakanya pesona alam Benteng yang alami tersebut. [Adv/Jk]

Nah Bagaimana tertarik untuk megunjungi wisata Bukit Kandis...?

www.domainesia.com