Update Rabu: Pasien Positif Corona di Bengkulu Bertambah 2, Total 4 Kasus Positif

Herwan Antoni

Bengkulutoday.com - Update Rabu (8/4/2020), kasus positif corona (Covid-19) di Bengkulu bertambah 2 orang. Dengan demikian, kasus positif corona terkonfirmasi di Bengkulu menjadi 4 kasus positif corona. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni saat memberikan keterangan  rilisnya di Crisis Center Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Rabu (8/4/2020) sore.

Herwan Antoni tidak menyebutkan secara rinci penambahan 2 kasus positif corona tersebut, hanya saja dia menyampakan keduanya saat ini menjalani isolasi mandiri. 

"Dua-duanya di Kota Bengkulu, menjalani isolasi mandiri dan dalam pemantauan ketat petugas Puskesmas dan Dinas Kesehatan. Keduanya diisolasi di ruang terpisah dari anggota keluarga lainnya, nanti jika ada gejala langsung dibawa ke rumah sakit," terang Herwan Antoni.

Untuk diketahui, sebelumnya Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengirimkan 7 sampel untuk di uji lab di Palembang. Dari 7 sampel, 5 dinyatakan negatif dan 2 dinyatakan positif.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, tercatat 4 kasus positif corona tersebut dengan rincian:

  • Ns (51), meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) lalu.
  • He (55), warga Kota Bengkulu (pejabat Bank Bengkulu), menjalani isolasi dan perawatan di RSUD M Yunus Bengkulu.
  • Dua orang warga Kota Bengkulu, menjalani isolasi mandiri.

Berdasarkan data yang mereka rilis, dari angka kumulatif per 8 April 2020 terdapat 516 kasus. Dari angka itu, 271 kasus dinyatakan sehat.

"Hari ini total ODP (orang dalam pemantauan) menjadi 502. Dinyatakan sehat 271," terang Kadinkes Herwan Antoni.

Di sisi lain, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku telah mendapatkan update informasi Covid-19 dari Dinkes. Dirinya berharap, masyarakat tak berikan stigma negatif kepada orang terkena Covid-19.

"Kita waspada, tapi perlu kita sadari bahwa tak ada orang yang menghendaki terkena Covid-19 apa lagi sengaja menularkan. Jangan ada stigma, kita berikan semangat dan doakan agar lekas dibebaskan dari virus. Semangat ini akan meringankan beban psikologis," jawab Rohidin melalui WhatsApp-nya. 

Perkembangan Kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu per 8 April 2019 tercatat ada 19 penambahan ODP, dan totalnya menjadi 502 ODP dengan 217 orang dinyatakan sehat, 1 orang menjadi PDP dan 1 orang terkonfirmasi COVID-19.  1 ODP meninggal dan 228 masih dalam pemantauan. Sedangkan hari ini, tak ada penambahan PDP sehingga masih tercatat 14. Total terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Bengkulu ada 4, seluruhnya di wilayah Kota Bengkulu.

Koreksi Judul: Dalam Judul Tertulis "Pasien Positif Corona", seharusnya "Positif Corona". Dua kasus positif Corona tersebut belum berstatus pasien. 

www.domainesia.com