Skip to main content
IKLAN HPN
pemerintahan
enandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan Tol Lubuk Linggau, Sumatera Selatan-Curup, Bengkulu

Tol Pertama Lubuk Linggau-Bengkulu Dilengkapi Terowongan Tembus Bukit Barisan

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Jalan tol sepanjang 95 km dengan ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu bakal segera dibangun seiring telah ditandatanganinya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan tol pertama di Bengkulu itu.

Kepala Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya (HK) Agung Fajarwanto mengatakan, jalan tol ini bakal dilengkapi dengan terowongan yang menembus bukit barisan.

"Bengkulu ini kan kalau mau ke tengah (wilayah tengah Pulau Sumatera) terhalang oleh bukit barisan. Nah ini akan kita buat terowongan yang menembus Bukit Barisan," ujar dia ditemui di Balai Semarak, Bengkulu, Jumat (15/3/2019).

Selain terowongan, jalan tol yang terdiri dari 3 seksi pekerjaan ini juga akan dilengkapi dengan dua jembatan bentang panjang.

"Karena kita melewati jurang yang cukup dalam, jalan tol ini akan dibangun jembatan bentang panjang dengan ketinggian bisa mencapai 90 meter," sambungnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama HK Bintang Perbowo mengatakan, jenis bor yang akan digunakan dalam pembuatan terowongan akan diserahkan sepenuhnya pada kontraktor pelaksana pembangunan.

"TBM-nya (tunnle boring machine-nya) terserah kontraktor. Bisa dari China bisa dari Jepang, nanti terserah kontraktornya," beber dia.

Jalan tol sepanjang 95 km yang terdiri dari 3 seksi ini direncanakan bakal menelan biaya Rp 33,12 triliun. Sedangkan masa konsesi atau pengelolaannya hingga 40 tahun. [sumber: Detik.com]

Facebook comments

Berita Terkait