Soal SDN 62, Wali Kota: Kalau Pak Gubernur Mau Bayar Rp 3,4 M, Kita Dukung Dua Periode

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan

Bengkulutoday.com - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menantang Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah agar menuntaskan ganti rugi SDN 62 Kota Bengkulu. "Pemerintah Kota Bengkulu sudah maksimal, kalau pak Gubernur mau bermurah hati bantu Rp 1,3 M jangan tanggung-tanggung bayari saja Rp 3,4 M karena Silpa Pemerintah Provinsi Bengkulu masih banyak. Kalau Pemkot defisit karena kita banyak pembangunan selama ini bangun rumah sakit, dulu jalan kita hancur sekarang sudah mulus, dulu tidak punya universitas sekarang punya, dulu tidak ada bantuan modal kelurahan sekarang kita anggarkan. Kalau pak gubernur sudah ambil silahkan, kami ikhlas legowo. Kalau pak gubernur sudah bayar Rp 3,4 M Pemkot berterimakasih dan kita dukung pak gubernur maju dua periode,” kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, Jumat (23/8/2019).

Untuk diketahui, berdasarkan kesimpulan akhir, Pemerintah Kota Bengkulu diminta mengganti uang Rp 3,4 miliar atas lahan SDN 62 Kota Bengkulu. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam pertemuan dengan Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi sebelumnya mengatakan, Pemprov akan membantu dana ganti rugi SDN 62 itu dengan menganggarkannya di ABPD Perubahan sebesar Rp 1,4 miliar.

Dana Rp 1,4 miliar itu jika disetujui DPRD Provinsi Bengkulu, maka akan dihibahkan ke Pemkot Bengkulu untuk membantu ganti rugi lahan SDN 62. 

"Kita bantu sisanya, nanti selebihnya pemkot yang menyelesaikannya," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam rapat pembahasan permasalahan SDN 62 Kota Bengkulu, di ruang rapat Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (31/7/2019) lalu.

Sementara terkait ganti rugi lahan dengan nilai Rp 3,4 miliar itu, Pemkot Bengkulu telah menganggarkan Rp 1 miliar. 

Namun menanggapi tawaran bantuan Gubernur Bengkulu itu, Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi belum mengiyakan. Dia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. 

Polemik SDN 62 sendiri hingga saat ini belum tuntas. Dalam dua hari ini, wali murid dan murid SDN 62 menggelar aksi protes karena mereka tidak mau pindahkan dan meminta tetap di SDN 62 untuk kegiatan belajar mengajar. Mereka menggelar aksi menarik sumbangan untuk diberikan kepada Pemkot Bengkulu dan menolak belajar di lokasi yang disediakan oleh Pemkot Bengkulu.

Sementara, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menanggapi santai atas demo dan protes para wali murid dan murid SDN 62 tersebut.

"Persoalan SDN 62 sudah tidak ada lagi masalah, lalu pertanyaannya kenapa ada pihak-pihak yang mempermasalahkan. Seolah-olah ada masalah, kalau ada orang tua yang mau memindahkan anaknya pemerintah tidak bisa menghalangi. Yang masih mau bersekolah pemerintah sediakan tempatnya luas, gurunya cukup,” kata Helmi Hasan menanggapi persoalan SDN 62 Kota Bengkulu.

Ditambahkan Helmi Hasan untuk pembangunan SDN 62 Kota Bengkulu kedepan lahan sudah dianggarkan dan untuk pembangunan sudah dianggarkan pemerintah pusat.

"Untuk pembangunan kedepan lahan sudah dianggarkan, untuk pembangunan juga sudah dianggarkannpemerintah pusat. Tinggal kita cari yang terbaik, tempatnya aman dan luas bahkan gurunya cukup," kata Helmi.

Baca juga: Siswa SDN 62 Berdemo Sambil Tarik Sumbangan: Kembalikan Sekolah Kami

(JS/PB)

www.domainesia.com