Program 6 S Sebagai Upaya Membentuk Pribadi yang Berkarakter

Program 6 S Sebagai Upaya Membentuk Pribadi yang Berkarakter

Bengkulutoday.com - Akhir-akhir ini dunia pendidikan selalu berbicara tentang pendidikan berkarakter. Pendidikan berkarakter selalu menjadi tema hangat dalam pendidikan di Indonesia. Hal ini merupakan program pemerintah yang tertuang dalam Pasal 1 Undang-undang Sisdiknas tahun 2003 yang menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan. Kecerdasan yang dimaksud bukan hanya cerdas intelektual, tapi juga cerdas emosional dan spiritual agar nantinya lahir generasi masa depan bangsa yang tumbuh dan berkembang dengan karakter nilai luhur agama dan bangsa. Terlahir generasi yang berakhlakul karimah atau berbudi pekerti luhur.

Sebagai upaya untuk membentuk peserta didik yang demikian Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Seluma Kabupaten Seluma menerapkan program 6 S (Senyum, Salam, salaman, sapa, sopan, dan santun). Setiap pagi peserta didik disambut oleh para pendidik di pintu gerbang madrasah seraya berbaris rapi dengan wajah ceria, tersenyum ramah, semangat, dan penuh kehangatan menyambut sosok-sosok generasi penerus bangsa dan agama yang akan meneruskan estafeta perjuangan pendahulunya.

Dengan program 6 S tersebut dapat membentuk hubungan yang lebih harmonis. Kedekatan emosional antara pendidik dan peserta didik semakin terasa, keramah tamahan makin nyata terlihat dari kedua belah pihak. Peserta didik yang selama ini seakan-akan tabu  mengucapkan salam ketika berjumpa, perlahan-lahan menjadi terbiasa untuk mengucapkan salam sebagai identitas dan karakter pribadi muslim. Di samping itu dapat membentuk dan meningkatkan kedisiplinan civitas madrasah untuk tiba di madarasah lebih dini. Madrasah hebat, bermartabat.

sumber: kemenag.go.id

www.domainesia.com