Peserta Seleksi Magang ke Jepang Meningkat

Pembukaan seleksi pemagangan ke Jepang

Bengkulutoday.com - Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) adalah bagian dari salah satu program Gubernur Bengkulu untuk mengentaskan kemiskinan dan ketertinggalan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, kembali melaksanakan tes dan seleksi daerah pemagangan ke Jepang.

Diungkapkan Desi Sartika, peserta asal Kabupaten Kaur, dengan digencarkannya program pemagangan seperti ini sangatlah bermanfaat bagi mereka. Sehingga, jika lulus mengikuti seleksi ini dan setelah belajar di negara sakura nanti, dirinya akan mengaplikasikan ilmu tersebut ke daerah asalnya.

“Jadi jika saya lolos seleksi dan setelah pulang dari sana, saya ingin mengurangi angka pengangguran, seperti bisa mempunyai karyawan sendiri dan bisa menerapkan ilmu-ilmu saya kepada orang lain,” ungkap Desi, usai mengikuti pembukaan seleksi daerah pemagangan ke Jepang Tahun 2019 Provinsi Bengkulu, di Gedung Serbaguna (GSG) Provinsi Bengkulu, Senin (23/09/19).

Hal senada juga diungkapkan Sarimun Sopli, peserta asal Bengkulu Tengah. Ucapan terima kasih disampaikannya kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, karena telah memberikan kesempatan kepada dirinya dan pemuda Bengkulu lainnya untuk meningkatkan kualitas keahlian kepada mereka.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Gubernur karena telah memberikan motivasi, sosialisasi dan kesempatan untuk kami semua. Sekali lagi terima kasih,” katanya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu, Yuliswani mengatakan, dibandingkan tahun sebelumnya, peserta yang mengikuti seleksi pemagangan ke Jepang ini meningkat, diikuti 662 peserta yang berasal dari kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu. Ini menunjukkan bahwa minat dan semangat pemuda-pemudi Bengkulu untuk mendapatkan ilmu dan pelatihan demi masa depan yang lebih baik cukup signifikan.

“Tentu ini kita akan terus berusaha bagaimana sebanyak-banyaknya anak-anak di Provinsi Bengkulu ini mempunyai kesempatan untuk dapat mengikuti seleksi pemagangan ini,” jelas Yuliswani. (**)

www.domainesia.com