Perkara Gugatan Pedagang Pasar Panorama Lawan Pemkot Bengkulu Masuk Sidang Mediasi

Kuasa Hukum Pedaggang Jecky Haryanto

Bengkulu - Perkara gugatan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Pasar Panorama terhadap Pemkot Bengkulu memasuki Sidang Mediasi di Pengadilan Negeri Bengkulu.  Hal ini disampaikan oleh kuasa hukum APPSI Bengkulu Jecky Haryanto, SH, Rabu (15/5/2024).


"Ya, sudah memasuki sidang mediasi. Intinya tadi dari hakim mediator membahas terkait mekanismenya bagaimana upaya langkah opsi yang ada diluar pengadilan," ujarnya.


Pihaknya akan menjajaki jika ada penyelesaian lain di luar persidangan secara perdata.


"Sebenarnya permintaan dari pihak kita tidak terlepas dari gugatan yang ada. Kami saat ini masih mengikuti proses persidangan yang ada makanya belum ada opsi lain nantinya. Intinya win win solution ini akan ada diskusi panjang dan lain lainnya,," tukasnya.Dikatakan hal yang sama, Fitriansyah, SH selaku Kuasa Hukum Pemkot Bengkulu mengatakan batas waktu proses mediasi ini dilakukan hingga awal bulan depan.

"Kita punya waktu sampai awal Juni 2024 nanti, untuk proses mediasi ini. Nanti kita lihat, apakah ada jalan damai atau gugatan perdata ini diteruskan," tutupnya.

Untuk diketahui Gugatan ini bukan berkenaan dengan penertiban pasar  beberapa hari yang lalu. Persoalan ini berawal pada bulan November 2023 lalu, kios para Pedagang APPSI Bengkulu dibongkar dan kemudian dilokasi tersebut dibangun kios baru.

Para pedagang sudah meminta solusi kepihak Pemerintah Kota termasuk hearing di DPRD Kota,  tetapi tidak ada penyelesaian dan terkesan dibiarkan saja hingga melayangkan gugatan ke PN Bengkulu.