Organ Penanggulangan Teroris Gelar Rakernas

Pengurus FKPT Bengkulu

Jakarta, Bengkulutoday.com - Mengambil tema Damai dan Bersatu, Forum Komunikasi Penanggulangan Teroris (FKPT) se-Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rekernas) ke-VII, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta mulai 17-20 Februari 2020.

Ratusan pengurus FKPT dari berbagai daerah, berkumpul dan dilantik untuk masa bhakti 2020-2022 oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH.

Selain dilantik, pengurus FNPT se-Indonesia juga diberikan materi perkembangan terorisme dan upaya pencegahannya 
bersama masyarakat oleh BNPT.

Peserta Rakernas juga mendapat materi sosialiasi Peraturan Perundang-undangan terkait Terorisme
oleh BNPT.

"FKPT lahir sejak 2012. Diisi oleh para tokoh kalangan masyarakat. Sehingga tujuan berdirinya ini sejalan dengan kearifan lokal," ungkap Suhardi saat menyampaikan sambutan.

Kepala BNPT berharap, Pemerintah Daerah melalui Kesbangpol, ikut aktif berperan bersama FKPT menanggulangi terorisme.

"Jangan setelah kejadian baru turun tangan. Lebih baik mencegah sebelum terjadi. Sehingga peran pemerintah daerah sangat penting untuk peduli dalam penanggulangan terorisme," pesan Suhardi.

Kepala BNPT meminta masyarakat waspada terhadap media sosial, yang menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menyebar virus terorisme.

"Terutama, jaga keluarga kita. Jangan sampai mereka terpapar terorisme, akibat media sosial," tegas Suhardi.

Dalam penanggulangan terorisme juga, Suhardi kembali menegaskan, peran kepala daerah mulai dari tingkat atas, hingga ketingkat bawah seperti RT.

Sementara itu, Sekjend Kemendagri, Hadi Prabowo, mendorong Kesbangpol di daerah, untuk sedini mungkin melakukan pencegahan terorisme.

"Kita fokus dalam pencegahan terorisme sejak dini. Sehingga kita minta Kesbangpol untuk berperan aktif bersama-sama FKPT," imbuh Hadi.

Terpisah, Ketua FKPT Bengkulu Brigjend Pol (Purn) Drs. Muhammad Ruslan Riza mengatakan, penanggulangan yang sudah dilakukan FKPT Bengkulu mampu menekan "wabah" terorisme.

"Kedepan, FKPT Bengkulu akan bersinergi bersama pemerintah daerah, untuk menguatkan peranan masyarakat melalui kearifan lokal dan kreasi anak-anak muda," kata mantan Kapolda Bengkulu ini.(**)


Susunan Pengurus FKPT Bengkulu :

1. Ketua FKPT : Brigjend Pol (Purn) Drs. Muhammad Ruslan Riza

2. Sekretaris : Drs. Khairil Anwar, M.Si

3. Bendahara : Lia Oktisa, S.Pd

4. Kabid Agama, Sosial dan Budaya : Abdul Qohar, MHI

5. Kabid Media Massa, Hukum dan Humas : Benni Hidayat, SH

6. Kabid Penelitian dan Pengkajian : Dr. Zubaidi, M.Ag, M.Pd

7. Kabid Perempuan dan Anak : Dra. Hj. Fatimah, MA

8. Kabid Pemuda dan Pendidikan : Dedi Haryadi

9. Staf Sekretariat Bid IT : Rizal Agusnawan, S.Hum

www.domainesia.com